Kasus PDP Meningkat, Satgas Covid-19 Lotim Sisir Kluster Gowa

Lombok Timur, Talikanews.com – Satuan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Timur, gencar contact tracking terhadap orang-orang yang masuk kluster Gowa, Sulawesi Selatan, seiring kasus Pasien Dalam Pengawasan terus meningkat.

Sekretaris Satgas Covid-19 Lotim, Drs. H.M. Juaini Taofik menegaskan bahwa Kluster terbesar yang menjadi fokus utama Satgas Covid-19 Lotim saat ini adalah Kluster Gowa, karena kluster lain, seperti Kluster Jakarta sudah hampir berhasil dilumpuhkan, tinggal menunggu hasil Swab pasien 02 yang masih dirawat di RSUP NTB.

“Alhamdulillah berita baiknya adalah Kluster Jakarta sudah hampir kita rontokkan, sekarang kita sedang fokus memutus mata rantai penularan dari Kluster Gowa,” ungkapnya Jum’at (17/04).

Juaini mengatakan bahwa dengan terungkapnya kluster Gowa pertama inisial SR (54) laki-laki asal Kecamatan Selong, awal melakukan deteksi Kluster Gowa lainnya.

“Begitu kita ketahui pasien nomor 26 insial SR positif Covid-19, akhirnya kita sangat gencar untuk mendeteksi kluster Gowa yang lain,” tambahnya.

Juaini mengaku bahwa pada awalnya tim Satgas Covid-19 Lotim mengalami kesulitan melakukan contact traking terhadap orang-orang tersebut, lantaran banyak dari mereka yang tidak jujur pernah melakukan perjalanan ke wilayah terjangkit virus.

“Mungkin waktu itu mereka belum sadar, namun sekarang kesulitan itu sedikit bisa diatasi, menyusul adanya himbauan langsung dari Pimpinan Jamaah Tabligh sendiri agar segera melaporkan diri ke tim medis terdekat,” cetusnya

Adapun untuk tambahan PDP hari ini, Lotim sebanyak 5 orang, semuanya adalah kluster Gowa. Sehinnga jumlah PDP di Lotim sebanyak 27 orang, di mana 3 di antaranya adalah kontak erat dengan PDP kluster Gowa inisial JM (55) laki-laki asal kecamatan Jerowaru. (TN-08)

Related Articles

Back to top button