Lagi, Bayi Berumur 1 Bulan di Lotim masuk Pasein Dalam Pengawasan

Lombok Timur, Talikanews.com – Lagi, seorang bayi berumur 1 bulan 10 hari ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) Tim Gusus Tugas Covid-19 Kabupaten Lombok Timur. Sebelumnya, Dua bayi berumur 3 bulan (MDC) dan 6 bulan (MHA) juga mengalami nasib sama karena riwayat pneumonia berat.

Jubir gugus tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Lotim, Dr. Pathurrahman menyampaikan, total kasus PDP di Lombok Timur sampai hari Kamis 16 April 2020, sebanyak 42 orang. Penambahan hari ini sebanyak 9 PDP, salah satu dari 9 tambahan PDP merupakan bayi baru berumur 1 bulan 10 hari asal Denggen Kecamatan Selong.

“Riwayat penyakit Bayi ini sama dengan yang kemarin itu karena mengalami pneumonia berat, sehingga tim medis dinyatakan sebagi PDP,” ungkapnya Kamis (16/04) tanpa menjelaskan identitas bayi tersebut secara detil.

Begitu juga dengan 8 status PDP lainnya. Pathurrahman tidak menjelaskannya secara detil, hanya daerah asal dan clusternya saja.

“Ke 8 PDP ini adalah ODP Cluster Gowa yang naik status jadi PDP karena hasil rapid testnya reaktif,” kata dia.

Adapun 8 orang PDP itu adalah 4 orang dari kecamatan Labuhan Haji, memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, 2 orang dari kecamatan Terara, juga memiliki riwayat perjalanan ke Gowa dan 2 orang lagi dari Kecamatan Jerowaru. Tidak memiliki riwayat perjalanan, tetapi pernah kontak erat dengan PDP inisial JM (55) laki-laki, asal kecamatan Jerowaru, memiliki riwayat perjalanan ke Gowa.

Dengan tambahan 9 orang PDP di atas, maka total PDP di Lotim per tanggal 16 April berjumlah 42 orang, di mana 12 di antaranya dinyatakan selesai dalam pengawasan, sehingga sisanya yang masih dirawat sebanyak 30 orang.

Untuk kategori orang dalam pengawasan (ODP) yang masih dalam pemantauan tim medis sebanyak 373 orang. sementara Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih dalam pemantauan berjumlah 178 . Dan untuk Para Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yang masih menjalani karantina sebanyak 4.067 orang.

Adapun untuk yang positif covid-19 di Lotim masih tetap di angka 6 di mana 4 di antaranya dinyatakan telah sembuh oleh tim medis dan dipulangkan. (TN-08)

Related Articles

Back to top button