Satgas Lawan Covid-19 di DPRD NTB Terbentuk, Ini Tugasnya

Mataram, Talikanews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat membentuk Satuan Tugas (Satgas) Lawan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Rapat pembentukan Satgas Lawan Covid-19 di tataran DPRD NTB itu dipimpin Hj. Baiq Isvie Rupaeda didampingi Wakil Ketua, H. Mori Hanafi dan H. Muzihir, Rabu (16/4) di Ruang Sidang Utama DPRD NTB.

“Dengan membaca bismillah, hari ini secara resmi kita bentuk Satgas Lawan Covid-19,” ungkapnya.

Satgas Lawan Covid-19 itu selaku koordinator, Sambirang Ahmadi. Seusai pembentukan, Sambirang menjelaskan tugas yang akan dilakukan Satgas ini adalah perpanjangan tangan dari Satgas Pusat yakni DPR RI.

“Kami di daerah nanti akan membantu proses distribus alat-alat kesehatan yang sudah berhasil dikumpulkan oleh Satgas di pusat baik berupa APD Ventilated, masker dan tidak menutup kemungkinan juga bantuan Sembako,” kata dia.

Satgas Lawan Covid-19 DPRD NTB ini akan segera lakukan pendataan kebutuhan atau keperluan apa saja kebutuhan para tenaga medis, kebutuhan masyarakat terdampak pandemi Covid-19, terutama oleh para ujung tombak penanganan Covid-19 ini yakni di sektor kesehatan para medis dan itu akan diupdate ke Satgas di pusat.

Sambirang mengaku, kerja DPRD dengan eksekutif berbeda dalam penanganan Virus Corona, namun tetap akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Dinas Sosial.

Untuk anggaran sendiri katanya, bukan dari APBN atau ABPD namun donasi dari para donatur atau masyarakat yang secara tekhnis sulit menyalurkan bantuannya.

“Kami menjembatani para donatur. Nanti bantuan tersebut kita konveksi menjadi APD atau alat-alat kesehatan masker dan kebutuhan lainnya,” jelasnya.

Satgas ini juga akan berkordinasi dengan kabupaten kota di NTB hingga tingkat kelurahan dan desa yang ada. (TN-red)

Related Articles

Back to top button