Selang 1 Hari, Terkonfirmasi 4 Penambahan Positif Virus Corona di NTB, Total 41 Orang

Mataram, Talikanews.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, kembali mengumumkan penambahan jumlah korban positif virus corona terkonfirmasi Selasa 14 April sebanyak 4 Orang. Adanya penambahan itu total korban positif Covid-19 di Nusa Tenggara Barat sebanyak 41 orang.

“Penambahan hari ini, merupakan 4 orang PDP terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 NTB, HL Gita Ariyadi, Selasa (14/04).

Adapun identitas yakni, pasien nomor 38, inisial H, (61) jenis kelamin laki-laki, asal Lingkungan Kebon Roek, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah
terjangkit Covid-19. Riwayat kontak erat dengan orang PPTG perjalanan dari Makassar. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RS Siloam dalam keadaan baik.

Pasien nomor 39 inisial SM (37) jenis kelamin perempuan, asal Desa Dasan Grya, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak erat dengan Pasien positif Covid-19 nomor 19. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Awet Muda Narmada dengan kondisi baik.

Pasien nomor 40, inisial AS, (49) jenise kelamin laki-laki, asal Desa Dasan Tereng,
Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar dalam 14 hari sebelum sakit. Riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19 tidak pernah. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Awet Muda Narmada dengan kondisi baik;

Terakhir, pasien nomor 41, insial Z, (63) jenis kelamin perempuan, asal Kecamatan Mpunda Kota Bima. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak erat dengan ODP yang melakukan perjalanan ke Makassar dengan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) reaktif. Saat ini dalam keadaan baik.

Gita menjelaskan, terdapat pasien sembuh dari Covid-19 bertambah 1 (satu) orang yaitu, pasien nomor 08, insial H, (33) jenis kelamin blaki-laki, Bagu Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah, setelah hasil
swab diambil dua kali dan keduanya negatif.

Dengan adanya tambahan 4 (empat) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan 1 (satu) orang sembuh lanjut Sekda Provinsi NTB ini, jumlah pasien positif Covid-19 sampai hari ini sebanyak 41 orang.

Dia juga merincikan, sebanyak 5 (lima) orang sudah sembuh, 2 (dua) orang meninggal dunia, 34 masih positif dalam perawatan serta dalam kondisi kesehatan semakin baik.

Gita memaparkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 162 orang
dengan perincian 74 PDP masih dalam pengawasan, sebanyak 88 PDP selesai
pengawasan/sembuh, dan 12 orang PDP meninggal.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP)
jumlahnya 3.912 orang, terdiri dari 1.325 orang masih dalam pemantauan dan sebanyak b2.587 orang selesai pemantauan.

Sedangkan Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan
pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala sebanyak 779 orang, terdiri dari 708 orang masih dalam pemantauan dan sebanyak 71 orang selesai pemantauan.

“Pelaku Perjalanan Tanpa
Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19,” tegasnya.

Dia berharap, adanya penambahan itu tidak membuat masyarakat semakin panik, justru masyarakat lebih menekankan supaya mengikuti anjuran pemerintah, terutama jujur ketika ada petugas melakukan pendataan.

“Tetap kedepankan social dan physical distancing, jaga kesehatan, kebersihan, selalu cuci tangan, serta jangan keluar rumah jika tidak mendesak. Hal itu, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button