Ratusan Jamaah Tabligh Akbar Alumni Gowa di Rapid Test Petugas Lombok Tengah

Lombok Tengah Talikanews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah akan melakukan Rapid Test terhadap ratusan Jamaah Tabligh alumni Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.

Sampai saat ini, sebanyak 85 orang sudah menjalani Rapid Test tersebut. 15 diantaranya, sudah keluar hasil pemeriksaan dan dinyatakan negatif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah H Omdah mengatakan, langkah ini merupakan upaya pencegahan penyebaran virus corona di daerah Tatas Tuhu Trasna, Nusa Tenggara Barat pada umumnya.

“Saat ini kami betul betul awasi ketat kesehatan para jamaah tablig akbar yang baru pulang dari Kabupaten Gowa,” ungkapnya, Senin (13/04).

Omdah mengaku, banyak jamaah tablig alumni Gowa tidak terdata kepulangannya di Loteng. Karena, kesulitan melacaknya, terlebih klaster Gowa ini sangat membahayakan kesehatan keluarga dan masyarakat setempat.

“Bagi masyarakat Loteng yang ikut kegiatan tablig akbar di Gowa khususnya yang tidak terdata kepulangannya agar segera daftarkan diri untuk tes kesehatan,”pintanya.

Terhadap jamaah alumni tablig akbar sempat mengikuti tes kesehatan Rumah Mutiara Indonesia (RMI) kemudian dinyatakan negatif dari Covid-19, disarankan supaya isolasi mandiri dirumah masing-masing selam 14 hari.

“Isolasi mandiri itu bentuk cegah penularan dan masuknya virus corona di Loteng,” tutupnya (TN-03)

Related Articles

Back to top button