Pemprov NTB Siapkan Enam Grand Strategi Cegah Penyebaran Covid-19

Mataram, Talikanews.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan grand strategi dalam penanganan Covid-19 yang tertuang dalam enam langkah. Terlebih strategi cegah penyebaran adanya virus dari TKI yang dipulangkan. Langkah ini harus diikuti secara harmonis oleh pemerintah daerah se-Nusa Tenggara Barat.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, HL Gita Ariyadi menyampaikan, melalui strategi pencegahan penyebaran penularan Covid-19 yakni peningkatan sistem keamanan tubuh, peningkatan kapasitas sistem kesehatan, peningkatan ketahanan pangan dan produksi pangan, serta memperkuat jaring pengaman sosial (social safety net).

“Seluruhnya telah diharmonisasi dengan
baik oleh Pemerintah Provinsi NTB,” ungkapnya, Minggu (12/04).

Dia mengatakan, langkah-langkah dan upaya pencegahan penanganan Covid-19 telah dilakukan, termasuk sinergi dalam menyiapkan jaring pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak.

“Semaksimal mungkin seluruh potensi lokal akan diberdayakan. Ini juga menjadi momentum untuk menguji kemandirian daerah dibalik wabah Covid-19, sehingga akan selalu ada berkah dibalik musibah,” kata dia.

Sekda Provinsi NTB ini juga memapah, hari Sabtu dan Minggu (12/04) sebanyak 42 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB yang pulang dari luar negeri.

Sebanyak 19 orang melalui pintu Bandara dan 23 orang melalui pintu Pelabuhan Lembar.

Terhadap kepulangan mereka, telah diperlakukan sesuai SOP dan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim KKP besama tim Dinas Kesehatan Provin si NTB.

“Selanjutnya diserahterimakan kepada gugus tugas masing-masing kabupaten/kota untuk melaksanakan karantina selama 14 hari,” kata dia.

Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19 lanjutnya, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi menyediakan laman resmi. (TN-red)

Related Articles

Back to top button