Daerah

Data Positif Virus Corona di NTB Bertambah jadi 10 Orang, Lotim Terbaru

Mataram, Talikanews.com – Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTB, kembali merelease data penambahan positif virus corona sebanyak 2 (orang). Dengan adanya penambahan itu, jumlah positif Covid-19 di Nusa Tenggara Barat menjadi 10 orang.

Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTB, HL Gita Ariyadi menyampaikan, telah menerima konfirmasi 2 (dua) orang PDP Positif Covid-19 yaitu Penderita Positif Covid-19 pertama dengan nomor pasien 09, insial Ny. NM (28) perempuan, penduduk Kabupaten Lombok Timur. Pasien memiliki riwayat kontak erat dengan pasien nomor 01.

“Dalam 14 hari terakhir sebelum sakit, pasien tidak pernah bepergian ke daerah terjangkit Covid-19. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr. R. Soedjono Selong dengan kondisi baik,” ungkapnya.

Penderita positif Covid-19 kedua dengan nomor pasien 10, inisial Tn. MI (41) laki-laki, penduduk Kabupaten Lombok Timur. Pasien memiliki riwayat kontak erat dengan pasien nomor 01.

Dalam 14 hari sebelum sakit, pasien tidak pernah bepergian ke daerah terjangkit Covid-19. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr. R. Soedjono Selong dengan kondisi baik.

“Dengan adanya tambahan 2 (dua) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini maka jumlah pasien positif Covid-19 di NTB sampai hari ini (6/4/2020) sebanyak 10 (sepuluh) orang,” kata Gita.

Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas kesehatan melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan pasien-pasien yang bersangkutan.

“Mulai hari ini laboratorium RSUD Provinsi NTB sebagai rumah sakit rujukan pemeriksaan Covid-19 telah mulai melakukan pemeriksaan terhadap sampel PDP dari rumah sakit jejaring,” ujarnya.

Selanjutnya hasil dari pemeriksaan sampel tersebut akan dilaporkan ke Litbangkes RI di Jakarta. BNPB juga telah mengirimkan 1.900 buah APD Coverall dan 7000 buah masker bedah sehingga diharapkan kebutuhan APD untuk rumah sakit dan puskesmas dapat tercukupi dalam minggu ini.

“Diminta kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap tenang, selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat, dan mengurangi aktivitas di luar rumah,” pintanya.

Pemerintah Provinsi juga menyediakan laman resmi Satgas Pemerintah Provinsi NTB Penanganan Covid-19 http://corona.ntbprov.go.id, Layanan Provincial Call Centre (PCC) Penanganan
Penyebaran Pandemi Covid-19 di NTB 0818 0211 8119.

Untuk diketahui, adapun positif virus corona sesuai kluster,
01 : Aikmel (Kluster Jakarta)
02 : Aikmel (kluster Jakarta)
03 : Rembiga (Kluster Gowa)
04 : Kekalik (kluster Bogor)
05 : Dasan Agung (Jakarta)
06 : Sumbawa (kluster Jakarta, kontak 01)
07 : Bertais (kluster Gowa)
08 : Bagu (kluster Amerika)

Data yang dihimpun media ini secara Nasional, sebaran 218 kasus per tanggal 6 April, DKI Jakarta sebanyak 101 orang, Sulsel 30 orang, Jateng 12 orang, Jabar, 11 orang, Banten 10 orang, Sumbar 10 orang, Kalteng 9 orang, Kaltara 7 orang, Bali 7 orang DIY, 6 orang NTB sebanyak 3 orang, Kalbar 2 orang, Kalsel 2 orang Sulut 2 orang Jatim 1 orang, Kaltim 1 orang, Sumut 1 orang, Sultra 1 orang Lampung 1 orang dan Riau 1 orang. (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close