Daerah

Percepat Penanganan Covid-19, Bupati Lotim Keluarkan SE Penggunaan DD

Lombok Timur, Talikanews.com -Pemerintahan Daerah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, sejak awal sudah menghimbau para kepala desa untuk segera mencairkan dan mengalihkan dana desa untuk mendukung pencegahan dan penanganan virus Corona di lingkup desa.

Namun demikian, rupanya masih banyak kepala desa yang masih ragu melakukan hal itu, lantaran belum adanya Perbup (Peraturan Bupati) terkait alokasi dana desa untuk pencegahan covid-19 di wilayah desa masing-masing.

Kaitan dengan hal itu Bupati Sukiman menyampaikan bahwa penggunaan dana desa sebenarnya sudah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Desa, dan juga telah dijabarkan dalam SE Gubernur dan Bupati, sehingga kepala desa tidak perlu ragu untuk menggunakan dan mengalihkan dana desa guna mendukung pencegahan covid-19.

“Sebenarnya penggunaan dana desa itu itu tidak perlu perbup, karena sudah ada juknisnya dari Kementerian Desa, juga sudah dijabarkan dalam SE Gubernur dan Bupati, kemarin saya sudah tanda tangani SE itu yang dikonsepkan oleh Kepala Dinas PMD,” ungkap Sukiman, Selasa (31/03).

Sebagaimana yang tertuang dalam SE Kemendes, Bupati Sukiman berharap agar para kepala desa segera membentuk Tim relawan pencegahan dan penanganan covid-19, dan bersinergi dengan Polmas, Babinsa, kepala wilayah, RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga pendamping Desa untuk memberikan edukasi pada masyarakat” tuturnya.

Menurutnya, kemungkinan kepala desa ragu untuk menggunakan Dana desa itu karena belum koordinasi dengan camat setempat, karena SE yang dikonsepkan oleh Dinas PMD itu akan disebar melalui grup WA para Camat.

“Seharusnya kan, surat Itu dikirim oleh Dinas PMD melalui Camat dan nanti camat yang akan meneruskannya ke desa-desa” tutup Sukiman.(TN-08)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close