Camat Pringgabaya Bentuk Satgas Pencegahan Covid-19 di Tingkat Kecamatan

Lombok Timur, Talikanews.com – Menindaklanjuti instruksi Bupati Lombok Timur dalam rapat evaluasi penanganan Covid-19, bersama kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Lombok Timur.

Camat Pringgabaya, Nasihun, langsung bentuk gugus tugas percepatan dan penanganan covid-19 di tingkat Kecamatan. Gugus tugas itu diketuai Camat Pringgabaya bersama Danramil dan Kapolsek sebagai wakilnya.

“Gugus Tugas ini melibatkan semua kepala Desa, Danramil, Kapolsek, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan beberapa pejabat kecamatan dan unsur masyarakat,” ungkapnya, Rabu (01/04).

Nasihun menjelaskan langkah yang akan dilakukan gugus tugas Kecamatan yakni patroli dan sosialisasi ke masyarakat. Selain itu juga, melakukan penyemprotan di tiap-tiap desa, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tetap waspada, social distancing atau menjaga jarak dan pola hidup bersih.

“Langkah ini lah yang akan kami tempuh untuk mencegah mewabahnya virus corona khususnya di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur secara umum,” kata dia.

Nasihun memprediksi, tugas yang cukup berat dihadapi satgas Kecamatan ialah bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk sementara tidak melakukan shalat Jumat berjama’ah di Masjid.

“Tugas berat kami, ketika mengimbau masyarakat tidak menggelar shalat Jumat. Kalaupun begitu kami akan coba memberikan pemahaman sesuai imbauan pemerintah dan fatwa MUI juga organisasi agama lainnya,” ujar dia.

Dia mengaku, untuk mengindari hal-hal yang tidak di inginkan, dirinya sudah berkoordinasi dengan semua pengurus masjid yang ada di Kecamatan Pringgabaya agar tidak melaksanakan shalat Jumat berjama’ah sementara waktu, dan menyarankan masyarakat shalat wajib Fardu di rumahnya masing-masing.

“Untuk memastikan itu, setiap hari Jum’at, akan ada tim kita yang turun ke tiap-tiap Masjid, terutama masjid-masjid besar,” pungkasnya. (TN-08)

Related Articles

Back to top button