Virus Covid-19 tak Mengganggu Ketersediaan Pangan Lotim hingga Bulan Ramadhan

Lombok Timur, Talikanews.com – Keberadaan virus corona atau Covid-19 di Lombok Timur, tidak menganggu ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat hingga bulan Ramadhan mendatang.

Kepala Bidang Persediaan Pangan Kabupaten Lombok Timur, Marepudin, menyampaikan, ketersediaan pangan di Kabupaten Lombok Timur diprediksi akan tetap aman hingga menjelang Idul Fitri mendatang.

Hal itu dikatakannya berdasarkan prediksi dari data yang dimiliki oleh Dinas Ketahanan Pangan bahwa, saat ini berdasarkan jumlah pasokan dan kebutuhan per Minggu dan per hari.

Data ketersediaan pangan strategis Kabupaten Lombok Timur pada Minggu ke III Bulan Maret menunjukkan bahwa persediaan untuk kebutuhan perminggu seperti bawang merah tersedia 1,5 Ton, Bawang Putih 1 Ton, Telur Ayam Ras 1Juta Butir, Daging Ayam 552 Kg, Daging Sapi 341, Minyak Goreng 4500, dan Gula Pasir 5 Ton.

Sementara untuk pasokan dan kebutuhan harian seperti Cabe Besar tersedia sekitar 3-4 Kwintal, dan Cabe Rawit sekitar 5-6 Kwintal.

“Jika merujuk pada data yang ada di kita, berdasar pasokan dan kebutuhan Mingguan dan harian, ketersediaan pangan di Lombok Timur hingga saat ini masih berstatus Aman,” ungkapnya Sabtu (28/03).

Adapun persediaan pangan untuk mengantisipasi wabah Covid-19 yang makin merebah di tanah air, khususnya di Lombok Timur, lanjutnya sedang dalam pengumpulan data ril dari beberapa instansi terkait, seperti Dinas Pertanian, Disperindag, dan juga Bulog.

“Terkait antisipasi menghadapi wabah virus Corona ini dan juga datangnya bulan Ramadhan, Petugas enumerator kami sedang koordinasi dengan beberapa instansi terkait untuk mengumpulkan data riil persediaan pangan kita di Lombok Timur,” tutupnya. (TN-08)

Related Articles

Back to top button