Pemprov NTB Anggarkan Rp 25 Miliar untuk Darurat Bencana Non Alam Virus Corona

Mataram, Talikanews.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sediakan anggaran penanganan darurat bencana non alam virus corona (Covid-19) berkisar Rp 20 sampai 25 Miliar.

Ketua gugus terpadu pemberantasan virus corona juga Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H Lalu Gita Ariadi mengatakan, anggaran darurat bencana non alam virus corona ini sudah terkonsolidasi sesuai arahan pemerintah pusat.

“Kita menganggarkan atas arahan pemerintah pusat untuk penanganan Covid-19,” ungkapnya Jumat (20/03).

Gita mengatakan, mengenai detail kebutuhan dan penggunaan anggaran itu, ada di Dinas Kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhadini Eka Dewi menegaskan, besaran angka itu sudah dihitung bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berdasarkan SK Gubernur tentang darurat bencana non alam sampai tanggal 30 Juli. Itu pun masuk hitungan gelombang kepulangan TKI kemudian yang mudik lebaran nanti sehingga muncul Rp 20 sampai 25 Miliar.

“Contoh kepulangan kegiatan di Goa Sulawesi, ratusan akan pulang dan harus ditangani, di karantina, di awasi, itu semua butuhkan biaya,” ujarnya.

Selain itu, masuk biaya operasional, beli alat kebutuhan penanganan virus dan lainnya. Saat ini saja, Rumah Sakit akan tambah alat perlengkapan isolasi.

“Masuk juga persiapkan ketika ada ODP dan PDP,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button