Cegah penyebaran Covid-19, Pemkab Loteng Bentuk Satgas Tiga Devisi

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah bergerak cepat membentuk Satgas pencegahan penyebaran virus corona (Covid 19) bentuk menidaklanjuti instruksi Pemerintah Pusat dan hasil Rapat Koordinasi Pemerintah Proavinsi Nusa Tenggara Barat dalam upaya pencegahan penyebaran asal negara Tirai Bambu itu.

Bupati Loteng H Moh Suhaili FT menyampaikan, perlunya merumuskan langkah-langkah antisipasi dampak yang lebih meluas lagi terhadap adanya virus corona. Karena situasi dan kondisi secara umum dinilai sangat luar biasa.

“Langkah awal kita saat ini yakni membentuk satgas pencegahan penyebaran virus covid 19. Secepatnya kita laksanakan dan digerakkan secara masif,” ungkapnya menggelar rapat koordinasi dengan stake holder yang ada di Kabupaten Lombok Tengah, di Pendopo Bupati, Minggu (15/03).

Pembentukan Satgas pencegahan penyebaran virus ini menurut Suhaili, terbagi tiga devisi atau tim satgas, pertama devisi yang melakukan langkah sosialisasi, kedua preventiv dan devisi kuratif dengan melibatkan semua stake holder sampai ke tingkat dusun.

“Kita harus membuat Posko penanganan Covid-19 dan bekerjasama dengan media untuk sosialisasikan ke masyarakat tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pencegahan virus corona ini,” kata dia.

Bupati juga memprioritaskan fasilitas umum untuk dilakukan pembersihan seperti Sekolah, Puskesmas, Rumah Sakit, Pasar, Bandara dan Pelabuhan.

Selain itu perlunya peran serta FKUB Loteng untuk mensosialisasikan agar semua tempat ibadah dilakukan pembersihan semaksimal mungkin.

“Gerakan ini tidak boleh dianggap remeh. Karena ini sangat membahayakan kita semua maka, sebaiknya kesampingkan dulu tujuan besar kita yang memajukan dunia pariwisata, bila perlu kita tutup,” tegasnya.

Suhaili menambahkan, mulai hari Selasa tanggal 17 Maret 2020 akan melakukan sosialisasi ke masyarakat yang akan dipimpinnya bersama Wakil Bupati dan Sekda. Sedangkan para Kepala Dinas melakukan pengawasan di tiap-tiap kecamatan.

“Kita sambangi lagi desa-desa dengan melakukan pembersihan secara maksimal,” tutupnya.(TN-red)

Related Articles

Back to top button