Akses ke Tiga Gili Ditutup, Wisatawan Internasional Masuk Melalui Bandara Lombok

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menetapkan status siaga bencana non alam. Langkah itu untuk antisipasi masuknya dan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Akibatnya, ada beberapa larangan dikeluarkan seperti, tutup sementara akses masuk ke Tiga Gili yakni, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air di Lombok Utara, beberapa agenda event pariwisata dan MICE dibatalkan juga liburkan anak sekolah selama 2 pekan

Selain itu, melarang Aparatur Sipil Negera (ASN) Lingkup Pemprov NTB melakukan perjalanan Dinas baik luar daerah maupun luar negeri.

Disatu sisi, kedatangan wisatawan asing melalui Bandara Internasional Lombok, sejak tanggal 1 sampai 14 Maret 2020 mencapai 7.738 orang.

Manager Communication dan Legal Bandara Internasional Lombok (BIL), Arif Hariyanto membenarkan terdapat 7.738 penumpang terdata sejak 1 sampai 14 Maret.

“Jumlah penumpang Internasional yang dilayani oleh BIL periode sejak 1 hingga 14 Maret 2020 sebanyak 7.738. Penumpang Internasional itu di dominasi Australia,” ungkapnya, Senin (16/03).

Untuk penumpang domestik pada periode yang sama sebanyak 105.193. Total selama 1 sampai 14 Maret 2020 BIL melayani sebanyak 112.931 penumpang.

Arif menjelaskan, untuk operasional penerbangan internasional sampai hari ini masih normal, belum ada pembatalan penerbangan. Karena, ada beberapa upaya dilakukan oleh petugas yang ada di Bandara. Selain pemantauan dengan thermal scanner dan thermal gun, dilakukan pula pembersihan secara menyeluruh dengan desinfektan pada peralatan yang dipakai oleh pengguna jasa di Bandara.

Selain itu lanjutnya, pihak bandara menyediakan 20 titik hand sanitizer di area terminal.

“Petugas bandara dilengkapi alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan kaca mata,” kata dia.

Arif menambahkan, hari Selasa, pihak Angkasa Pura I BIL, rencananya pukul 08.00 wita, akan melakukan kegiatan sterilisasi dan desinfektanisasi di Bandara. “Rencananya untuk kegiatan besok, akan dihadiri Gubernur NTB,” tutupnya (TN-red).

Related Articles

Back to top button