Sampel Swab seorang Warga KSB di Kirim ke Litbangkes Jakarta

Mataram, Talikanews.com – Salah seorang warga Kabupaten Sumbawa Barat, inisial R terpaksa harus di isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, lantaran suhu tubuh tinggi mencapai 39 derajat celcius setelah pulang dari salah satu negara melalui Jakarta menggunakan pesawat Lion Air JT648 CGK – LOP (Jakarta – Lombok), Jumat 06 Maret 2020.

Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Penunjang Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, dr Nyoman Wijaya Kusuma menyampaikan, saat ini, pihak Rumah Sakit sedang merawat salah seorang inisila R di ruangan Isolasi.

“Tadi pagi tim kesehatan sudah ambil sampel Swabnya (Lendir,Red) tenggorokan dan hidung untuk dikirim ke Litbangkes Jakarta untuk di uji di Laboratorium Litbangkes,” ungkapnya, Sabtu (07/03).

Dia mengaku, saat ini suhu badan pasien membaik diangka 37.1 derajat celsius. Nyoman menegaskan, ketika suhu badan tinggi tidak serta-merta terinfeksi virus corona, bisa saja di akibatkan karena batuk, pilek dan sesak.

“Swabnya itu sudah kita kirim untuk di periksa di Laboratorium Litbangkes Jakarta. Kemungkinan, 2-3 hari kedepan, sampel itu bisa kita terima untuk memastikan apakah terinfeksi Virus Corona atau demam biasa,” kata dia.

Disatu sisi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhadini Eka Dewi menegaskan, sesuai SOP, orang yang demam tinggi sepulang dari Negara tertentu dikategorikan sebagai pasien dalam pengawasan.

Oleh sebab itu, tim kesehatan melakukan chek up kesehatan terhadap R, kemudian di ambil sampel Swab untuk di chek di Litbangkes Jakarta.

“Kita tetap menjalankan SOP bagi siapa saja yang pulang dari Luar Negeri terutama beberapa negara yang dianggap terserang virus corona itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya suhu tubuh R salah seorang warga KSB itu mencapai 39 derajat setelah terdeteksi thermal scaner di Terminal kedatangan Bandara Internasional Lombok yang tiba pukul 15.32 Wita, menggunakan pesawat Lion Air JT648 dari Jakarta.

Adanya salah satu penumpang diketahui suhu tubuh tinggi setelah petugas KKP membaca thermal scaner. (TN-red)

Related Articles

Back to top button