Sambut MotoGP, Gubernur NTB Usulkan Rusunawa di Desa Lingkar KEK Mandalika

Lombok Tengah, Talikanews.com – Perhelatan MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta Lombok sebentar lagi.

Oleh sebab itu, untuk mensukseskan event internasional itu dan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung berkaitan akomodasi dan penginapan. Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah usulkan proposal pembangunan Rusunawa di Desa Lingkar KEK Mandalika ke Bapenas.

Disela silaturahmi bersama insan pers Lombok Tengah, sapaan Dr Zul mengatakan, demi mendukung perhelatan MotoGP, pihaknya terus berupaya berbenah, terlebih dalam hal akomidasi dan tempat inap yang kemungkinan kurang lebih 200 ribu orang penonton tersebut.

“Kalau berkaca dari jumlah penginapan yang ada saat ini di NTB khususnya Loteng, jauh sangat kurang. Sehingga, untuk antisipasi, kita rencana bangun Rusunawa dan manfaatkan rumah warga setempat dikonsep homestay untuk menjamin tempat tinggal penggemar MotoGP itu,” ungkapnya Sabtu (07/03) di Praya.

Politisi PKS ini menegaskan, Pemerintah Provinsi NTB menargetkan agar setiap desa mempunyai Rusunawa sebagai tempat menginap para wisatawan yang datang menonton MotoGP. Bila perlu masyarakat setempat yang mau menyewakan rumahnya akan di akomodir dan dikonsep homestay.

“Semua itu harus kita pikirkan dari sekarang, supaya nanti tidak kewalahan,” kata dia.

Dr Zul mengaku, antisipasi hal tersebut, pemerintah provinsi sudah mengajukan proposal permohonan ke Bapenas untuk di bangunkan Rusunawa 4 Lantai disetiap desa lingkar KEK Mandalika.

Dia menyarankan agar desa-desa tersebut membuat free event berbeda untuk menggait minat wisatawan agar berkunjung ke NTB.

“Tidak mungkin wisatawan hanya datang menonton MotoGP saja. Dengan adanya free event itu, secara tindak langsung wisatawan akan lebih lama tinggal di NTB untuk membelanjakan uangnya,” tutup Zul. (TN-03).

Related Articles

Back to top button