Politik

Wujudkan Hukum Profesional dan Berkeadilan, Polda NTB Rakor Pilkada 2020

Mataram, Talikanews.com – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat gelar rapat koordinasi Dilkumkapol guna mewujudkan hukum yang profesional dan berkeadilan dalam rangka Pilkada serentak tahun 2020, bersama KPUD, Bawaslu dan Forkompinda NTB, berlangsung di Mataram, Kamis (05/03).

Pada kesempatan itu, Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, menyampaikan bahwa tahun 2020 akan digelar Pilkada serentak Tujuh Kabupaten/Kota yakni, Bima, Dompu, Sumbawa, KSB, Loteng, Lombok Utara dan Kota Mataram akan berlangsung tanggal 23 September, sedangkan tahapan dimulai bulan Oktober mendatang.

Menurutnya, banyak permasalahan dalam pelaksanaan Pilkada serentak seperti konflik internal Parpol, konflik horizontal kelompok/pendukung, masifnya ujaran kebencian melalui medsos, meningkatnya berita hoax dan munculnya gejolak protes atas hasil pelaksanaan Pilkada.

Hal itu membutuhkan pengamanan dan penanganan secara bersama sama mengingat pada tahun 2018 ada 11 kasus tindak pidana yg ditangani sentra Gakkumdu dengan rincian Polda 1 kasus, kota Bima 4 kasus, Loteng 2 kasus, Lotim 2 kasus, Dompu 1 kasus dan Sumbawa 1 kasus dan semuanya sdh disidangkan dan divonis penjara kurungan dan pembayaran sanksi denda.

“Ini maksud dan tujuan kita gelar Rakor ini satukan persepsi jaga kondusifitas dan keberlangsungan Pilkada nanti,” ungkapnya.

Tomsi juga mengimbau kepada lapisan masyarakat NTB agar patuh hukum dan aturan dalam penyelenggaraan Pemilukada dengan menghindari menyebar ujaran kebencian, berita hoax dimediasi sosial agar terhindar dari permasalahan hukum, mari bersama sama dengan Polri menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif pada pelaksanaan Pilkada 2020. (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close