Kunjungan Wisatawan Australia ke Lombok Tembus 1.150 Persen, Ini Penyebabnya

Mataram, Talikanews.com – Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah merasa bahagia akan geliat pariwisata di Lombok, NTB umumnya semakin membaik pasca dihantam Gempabumi tahun 2018 lalu.

Beberapa negara sumber wisatawan terutama Australia mengalami peningkatan angka kunjungan sebanyak 1000 persen, selama Januari – Februari 2020.

“Alhamdulillah geliat Pariwisata kita semakin baik. Padahal baru ada satu Direct Flight dari Perth ke Lombok. Kebayang nggak kalau Direct Flight dari Melbourne atau Sydney ke Lombok?,” ungkapnya, Kamis (05/03).

Sapaan Dr Zul mengatakan, khusus beberapa negara seperti Malaysia dan China perlu terus ada upaya perbaikan dalam hal promosi dan sosialisasi. “Kita jangan lemah, harus lebih tingkatkan promosi dan sosialisasi ke negara-negara yang sebelumnya menjadi sumber wisatawan yang ke NTB,” kata dia.

Dia memaparkan alasan wisatawan Australia lebih memilih berwisata ke NTB diantaranya, jarak antara Darwin – Lombok cukup dekat, butuh waktu satu jam dengan penerbangan langsung. Kemudian, keadaan alam di Darwin yang terletak di sebelah Australia, mirip dengan Moyo Hilir Sumbawa, atau Sape di Bima dan Dompu.

Disatu sisi, Manager Communication dan Legal Bandara Internasional Lombok (BIL), Arif Hariyanto, memaparkan data wisatawan asal Australia yang melalui Bandara bulan Januari-Februari 2020 sebanyak 6.814, sedangkan bulan Januari-Februari tahun 2019 sebanyak 545 orang.

“Kalau dilihat drai Growth Y on Y, berarti terjadi peningkatan kunjungan sebanyak 1.150 persen,” pungkasnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button