Wabup Loteng Dukung PWLT Adakan Pelatihan Jurnalistik Tangkal Berita Hoaxs

Lombok Tegah, Talikanews.com – Puluhan pelajar SMA sederajat yang ada di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Sabtu (29/2) kemarin, mendapat pelatihan jurnalistik dari Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT).

Lalu Pathul Bahri Wabup Lombok Tengah dalam sambutannya mengatakan pembekalan pelatihan jurnalistik yang diberikan oleh PWLT untuk pelajar sangat baik agar pelajar mengenal tentang kaedah jurnalistik.

“Saya dukung penuh kegitan seperti ini karena pengetahuan tentang jurnalistik sangat penting bagi masyarakat, khususnya pelajar dalam menangkal berita-berita hoaks,” ungkap Wabup Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., saat membuka pelatihan di SMA Negeri 4 Praya.

Diera digital sekarang ini masyarakat sangat mudah mendapatkan informasi tetapi sulid membedakan antara berita hoaks dan tidak. Sehingga salah satu cara untuk bisa menangkal berita hoaks ialah dengan memperkuat pengetahuan masyarakat tentang jurnalistik.

“Adanya kegiatan pelatihan jurnalistik seperti ini di harapkan masyarakat bisa membedakan mana berita yang benar dan mana yang berita bohong atau hoaks,” Ujar Pathul

Di pilihnya pelajar sebagai sasaran pelatihan jurnalistik di nilai tepat oleh wabup karena kalangan pelajarlah yang paling akrab dengan era digital saat ini. Disatu sisi, dari sisi emosi dan mental kalangan pelajar masih labil. Sehingga sangat mudah terpengaruh informasi atau berita-berita hoaks.

“Sasaran pelatihan ke pelajar sangat tepat karena generasi milinial ini di harapkan mampu menjadi pilot projek tangkal dampak buruk dari penyebaran berita hoaks,” Cetus orang nomor dua di Loteng

Senada dengan Sekretaris PWLT, Bohari Rahman di hadapan peserta mengatakan, pelatihan jurnalistik yang digelar PWLT merupakan yang pertama dan difokuskan bagi kalangan pelajar. Kedepan kegiatan serupa akan diperluas sasaranya agar dapat menyentuh ke semua lapisan masyarakat.

“Untuk tahap awal kita sasaran kalangan pelajar SMA sederajat dulu. Itupun belum seluruhnya. Diawali pelajar SMA yang ada diwilayah Kota Praya dulu. Setelah itu baru kita roadshow kesemua kecamatan yang ada di Loteng,” terangnya.

Materi yang diberikan masih materi dasar jurnalistik. Mulai dari sejarah dan perkembangan jurnalistik di Indonesia serta teknik-teknik dasar dalam menulis berita sesuai dengan kaedah-kaedah jurnalistik. Baik itu berita untuk media cetak, online, radio hingga TV. “Materi yang diberikan cukup lengkap. Apakah itu media cetak hingga TV,” imbuhnya.

Sementara Ketua PWLT Munakir mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk perhatian kami (PWLT) selaku pegiat jurnalistik kepada kaum milinial. Pelatihan ini sebagai pemateri sendiri semuanya dari pegiat jurnalistik di Loteng yang tergabung dalam PWLT. Selain bisa berbagi ilmu, para pegiatan jurnalistik juga sambil mengasah ilmu jurnalistiknya.

“Manfaatnya bukan hanya bagi peserta saja. Kami sebagai pemateri juga bisa terus mengasah kemampaun serta ilmu jurnalistik untuk menjadi lebih baik kedepan,” tutup Munakir (TN-03)

Related Articles

Back to top button