Wabup Loteng: Damkar Harus Aktif Membangun Perlindungan Masyarakat

Lombok Tengah, Talikanews.com – Usia ke 101 ini Pemadam Kebakaran harus aktif membangun perlindungan masyarakat karena keberadaannya mutlak diperlukan. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Lombok Tengah HL Pathul Bahri saat menjadi Inspektur upacara peringatan HUT Damkar di Bencingah Alun-alun Tastura Praya, Senin (02/03).

Wakil Bupati Lombok Tengah H.L Pathul Bahri mengatakan upacara ini tidak sekedar mengenang tahun 1918 saat itu Damkar didirikan akan tetapi mengenang Damkar yang berhasil memadamkan kebakaran hebat yang terjadi di Batavia kala itu dan saat ini Damkar tidak hanya bertindak pasif namun aktif membangun perlindungan masyarakat dan keberadaan damkar mutlak diperlukan.

“Hari ini merupakan hari bersejarah berdirinya Damkar di Indonesia yang mana setiap tahunnya Damkar semakin maju dan semakin tangguh khususnya di Loteng dalam menjalankan tugas berat dengan taruhan nyawa,” ujar HL. Pathul Bahri.

Menurutnya untuk menghargai kerja keras petugas pemadam kebakaran (PMK) Lombok Tengah harus mendapatkan kesejahteraan yang setimpal dengan resiko yang di hadapi.

“Tugas mereka adalah tugas yang sangat beresiko. Untuk itu kita harus terus memupuk dan menjaga semangat mereka yang tersurat dalam semboyan pantang pulang sebelum padam. Oleh karena itu perhatian kesejahteraan mereka adalah penting,” ujar Pathul.

Lanjut Politisi Gerindra itu untuk mempermudah pelayanan saat ini Kabupaten Loteng sudah membentuk 4 pos unit Damkar di 4 kecamatan yang ada di Lombok Tengah diantaranya Kecamatan Batukliang, Kecamatan Kopang, Kecamatan Jonggat dan Kecamatan Pujut.

“Seyogyanya Damkar ada di setiap kecamatan namun untuk saat ini hanya sebatas 4 pos dan tiap-tiap pos dilengkapi mobil pemadam kebakaran,” tutup Pathul.

Upacara peringatan HUT Damkar itu dihadiri oleh Wabup Loteng HL Pathul Bahri S.IP, Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto, SE, MIPol, Ketua DPRD Loteng M. Tauhid dan Perwakilan dari Polres Loteng dan Kepala OPD lingkup kabupaten Loteng. (TN-03)

Related Articles

Back to top button