Ketua DPRD Loteng: Secara Kelembagaan, Sangat Atensi Dugaan Penyelewengan PKH

Lombok Tengah, Talikanews.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah, M Tauhid menegaskan, secara kelembagaan sangat atensi dugaan penyelewengan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya.

Malah, dirinya juga mendorong dan berikan dukungan penuh secara kelembagaan terhadap Aparat Penegak Hukum (APH) Polres Loteng untuk mengusut tuntas dugaan tersebut.

Politisi Gerindra itu mengatakan, selain mendorong APH, dirinya juga akan panggil Dinas Sosial Loteng, untuk meminta data nama-nama keluarga penerima manfaat (KPM) terhadap bantuan PKH itu.

“Sebagai wakil rakyat dan secara kelembagaan di DPRD Loteng, sangat mendukung jika APH usut tuntas bantuan yang di hajatkan bagi masyarakat miskin itu. Kami juga akan minta data secara akurat di Dinas Sosial, sebagai bahan tindaklanjut supaya jelas seperti apa program yang kerap dikeluhkan oleh masyarakat ini,” ungkapnya Senin (02/03) di Praya.

Tauhid mengaku, akan koordinasi dengan Komisi IV yang membidangi Kesejahteraan Masyarakat, karena menurut informasi, akan turun kroscek di lapangan untuk mengetahui persoalan yang terjadi.

“Jika ada penyelewengan laporkan saja ke APH, kami dorong agar ada tindakan tegas. Dorongan ini nanti secara kelembagaan, supaya semuanya terbuka,” kata dia.

Langkah ini dilakukan lanjutnya, karena berkaitan dengan hak masyarakat miskin. Dimana, bantuan atau program diperuntukkan bagi masyarakat itu tidak boleh dipermainkan. Apalagi seperti dalam beberapa pemberitaan, sampai ada yang hearing ke Dinas Sosial mengeluhkan terkait dugaan penyelewengan oleh oknum pendamping.

“Supaya lebih mendalam, akan saya panggil dinas dan koordinasikan dengan Dinas Sosial. Apapun hasilnya, pasti kita buka di publik,” pungkasnya (TN-03).

Related Articles

Back to top button