Hukum & Kriminal

Polda NTB Back Up Pencanangan Zero Ilegal Tambang menuju MotoGP 2021

Mataram, Talikanews.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Polda dan Korem telah membuat kesepakatan dalam hal “NTB Zero Ilegal Tambang”.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda NTB, Kombes Pol Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra, menyampaikan Pemerintah Provinsi NTB telah mencanangkan program Zero Ilegal Tambang sejak tahun 2019 lalu. Program sudah berjalan, saat ini tersebut dalam pengawasan (back up) oleh aparat kepolisian menuju pariwisata dunia.

“Saat ini, Pulau Lombok sedang kita back up agar tidak ada penambangan ilegal, terlebih menjelang giat MotoGP tahun 2021 mendatang,” ungkapnya.

Ekawana menegaskan, saat ini yang harus di kedepan oleh pemerintah Kabupaten/Kota adalah penanganan serius bersama aparat hukum setempat. Sehingga ketika ada permasalahan atau menemukan tambang ilegal dalam pelaksanaan, agar secepatnya di laporkan supaya Polda memback up penanganan tambang ilegal itu.

“Kegiatan ini sudah berjalan sejak 2019 lalu. Malah, kita sudah bekerja berdasarkan SK Gubernur NTB,” kata dia.

Menurut Ekawana, dampak tambang ilegal itu sangat merusak ekosistem yang ada di daerah. Itu semua, ulah oknum pelaku penambangan tidak melakukan recovery pasca menambang.

Oknum penambangan tidak pernah berfikir bahwa, saat ini di NTB khususnya Lombok sedang meningkatkan pariwisata dunia nantinya terus dikembangkan hingga pulau Sumbawa.

“Kita bertindak seperti ini, karena tambang ilegal dan pariwisata sangat erat kaitannya dengan kenyamanan wisatawan lokal maupun dunia. Oleh sebab itu, tidak boleh ada penambangan ilegal di NTB,” pungkasnya (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button