Bawaslu Loteng Langsung Mentahkan Syarat Dukungan Bacalon Perseorangan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah melaksanakan pengawasan penyerahan syarat dukungan oleh bakal pasangan calon perseorangan atas nama Drs. H. Lalu Saswadi – Ir. H. L. Dahrun, yang di antar pada Sabtu (22/02) sekitar pukul 10.30 wita, ke Kantor KPUD Loteng.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pencalonan (Silon), jumlah dukungan bakal Paslon tersebut sebanyak 59.231 yang tersebar di 12 Kecamatan dari jumlah syarat minimal dukungan yang ditetapkan KPU Kabupaten Lombok Tengah 57.037 dengan sebaran minimal Tujuh Kecamatan.

Hasil pengawasan Bawaslu saat pengecekan syarat dukungan bahwa terdapat beberapa ketidaksesuaian antara Formulir B.1-KWK (Surat Pernyataan Dukungan Bakal Paslon Perseorangan) yang ditandatangani oleh pendukung dengan B.1.1-KWK (Surat Pernyataan Daftar Nama Pendukung) yang ditandatangani oleh Bakal Paslon, yaitu
Nama pendukung di B.1-KWK berbeda dengan B.1.1-KWK terdapat pendukung di B.1-KWK yang tidak tercantum di B.1.1-KWK.

Kemudian, ketidakabsahan dokumen, terdapat B.1-KWK yang tidak tertandatangani oleh pendukung, selanjutnya terdapat B.1.1-KWK yang tidak tertandatangani oleh bakal paslon.

“Kekurangan dokumen yaitu tidak terdapat B.1.1-KWK asli pada satu desa.
Dokumen B.1-KWK tidak tersusun sesuai urutan pada B.1.1-KWK,” ungkap ketua Bawsdy Loteng, Abdul Hanan, Sabtu (22/02).

Oleh sebab itu, berdasarkan fakta-fakta tersebut, Bawaslu menghimbau kepada KPU untuk lebih cermat dalam pengecekan keabsahan dan kesesuaian dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon.

Begitu halnya kepada bakal pasangan calon untuk menyerahkan dokumen yang telah tersusun rapi dan bersesuaian serta tidak menyerahkan syarat dukungan pada injury time agar tersedia waktu untuk perbaikan.

“Kami juga imbau masyarakat agar mengetahui tujuan KTP-nya digunakan.
Selain itu, dalam proses penyerahan syarat dukungan, bakal pasangan calon dihimbau agar tidak melibatkan perangkat desa dan unsur-unsur lain yang harus menjaga netralitas,” pungkasnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button