Pariwisata

Bangkitkan Wisata Senggigi, Stakeholder Mulai Gandeng Pelaku Wisata

Lombok Barat, Talikanews.com – Para stakeholder dalam hal ini, Pemerintah Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Barat, para kepala Dinas mulai gandeng pelaku pariwisata untuk membangkitkan tempat wisata Senggigi pasca dilanda bencana gempa bumi tahun 2018.

Adapun caranya menggelar diskusi dengan para pelaku pariwisata untuk mencari jalan demi kemajuan pariwisata.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, HL Gita Ariyadi mengatakan, Senggigi sebagai salah satu destinasi pariwisata yang ada di NTB, yang dijadikan perhatian pemerintah daerah.

“Pemerintah baik provinsi maupun Kabupaten akan berusaha membangkitkan Pariwisata Senggigi. Spirit hari ini adalah senggigi reborn, dari kabupaten sendiri ada revitalisasi Senggigi, kemudian tadi kita sampaikan juga refreshing hubungan antara media dengan pelaku pariwisata dan pemerintah daerah,” ungkapnya di acara silaturahmi pelaku pariwisata dan pengusaha hiburan kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat, Sabtu (22/02).

Ia menyampaikan perlu ada forum dialog dengan media dan itu akan jadi perhatian pemerintah mengingat media sebagai salah satu instrumen untuk memperkenalkan dunia pariwisata yang ada di NTB ini.

Selain itu, sekda juga menyampaikan, pemerintah daerah akan mencoba melakukan reorganisasi dalam bentuk lembaga yang melibatkan banyak pihak termasuk di dalamnya akan ada pelaku usaha.

“Kita ingin kelembagaan itu terkonsolidasi, dan di dalamnya ada pelaku dan lain sebagainya. Kita akan cari bentuknya. Kalau tidak ada aturannya, kita buatkan aturan, tidak boleh abu-abu. Kalau ini bagus, orang lain akan belajar ke kita,” kata Gita

Terkait dengan adanya lahan-lahan yang tidak terpakai dan yang ditinggalkan oleh investor di Senggigi, Gita akan berkoordinasi dengan BPN, lahan mana yang bisa digarap optimal oleh kabupaten maka akan diserahkan.

“Kita ingin Senggigi bangkit kembali, provinsi tentu akan mendukung termasuk harapan-harapan soal tanah provinsi, kalau memang optimalisasi itu lebih baik ke kabupaten, kami ikhtiarkan untuk serahkan ke kabupaten,” terangnya.

Baca juga:  Dispar NTB: Kunjungan Wisatawan Tahun 2019 Capai 3,7 Juta, Data BPS Selalu Berbeda

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, mengaku banyak mendapat masukan dari pelaku pariwisata untuk membangkitkan kembali detinasi pariwisata Senggigi. Lombok Barat berkomitmen untuk membantu provinsi meraih target kunjungan wisatawan.
Beberapa langkah konkret yang akan dilakukan oleh Pemda Lombok Barat untuk membangkitkan pariwisata di Senggigi ini banyak diperoleh masukan dari pelaku wisata. “Tadi kita banyak mendapatkan treatment bagaimana menghidupkan Senggigi,” cetusnya.

Bupati berencana akan membentuk badan pengelola khusus terkait dengan kepariwisataan di Senggigi dan akan membuat perencanaan-perencanaan yang berkaitan dengan pariwisata bersama dengan pelaku pariwisata itu sendiri.

Pemerintah daerah bersama pelaku pariwisata dan pengusaha hiburan sepakat berdiri bersama untuk memajukan pariwisata NTB. (TN-red)

Related Articles

Back to top button