Gubernur NTB Ingin Festival Bau Nyale, Lahirkan Spirit Baru yang Ramah dan Berkah

Lombok Tengah, Talikanews.com – Tradisi Bau Nyale, yang menjadi warisan Budaya Sasak secara turun temurun, kini melahirkan spirit baru dan inspirasi mewujudkan Gumi Sasak yang damai dan ramah bagi siapapun. Hal ini yang diharapkan oleh Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah saat menghadiri malam puncak Festival Pesona Bau Nyale, di Pantai Aan, Kuta Lombok Tengah, Jumat (14/02).

Diacara itu, ratusan ribu masyarakat dan turis asing yang datang dari berbagai belahan dunia untuk menyaksikan kisah Putri kerajaan Tunjung Beru tersebut.

Mereka tidak hanya larut dalam kegembiraan karena pesona kawasan Pantai Kuta Mandalika yang cantik. Namun terbuai ragam seni budaya, kuliner dan aneka seni yang ditampilkan.

Wisatawan juga terinspirasi kisah heroik Putri Mandalika yang rela berkorban demi terwujudnya harmoni kehidupan masyarakat Sasak yang damai dan berkah.
Satu nilai penting yang menggugah spiritualitas dari kisah legenda putri nyale untuk direplikasi dalam konteks kekinian yakni, betapa pentingnya kebersamaan, kekompakan dan persatuan itu diwujudkan, jika ingin menapak peluang yang baik dan masa depan yang gemilang.

Kini KEK Mandalika menyajikan beragam peluang yang diminati dunia, harus bisa ditangkap untuk masa depan Gumi Sasak yang berkah dan NTB Gemilang. Tak hanya menangkap Nyale (Bau Nyale), tetapi juga beragam kesempatan ekonomi dan sosial lainnya, yang perlu dibangun dengan modal yang kuat.

Pesan seperti itulah yang tergambar dari gelar Festival Bau Nyale tahun 2020 ini. Kekompakan semua pihak tampak nyata, dimulai dari persiapan dan isi acara hingga saat berburu nyale (cacing laut). Meski gelap dan dinginnya air laut, namun masyarakat dengan spirit kekompakan dan sabar menanti datangnya sang Putri Nyale.

Hangatnya kebersamaan juga dicontohkan oleh para pemimpin-pemimpin hebat di tanah gumi gora. Bergandengan tangan sembari melangkah bersama menuju satu podium, bukanlah hal tabu bagi gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Bupati Lombok Tengah, H. Suhaili FT.

“Event ini haruslah dipandang menjadi media pemersatu. Sinergi semua pihak harus terus dipupuk, demi mewujudkan sebuah mimpi besar,” ungkapnya.

Sapaan bang Zul melanjutkan, event-event besar sekelas Festival Bau Nyale, tidak hanya membutuhkan materi yang cukup. Namun perlu juga menciptakan kehangatan yang terbingkai dalam kebersamaan.

Ia pun mengajak semua lapisan baik pemerintah dan masyarakat harus terus menciptakan kekompakan, agar event akbar yang akan dilaksanakan di bumi Tatas Tuhu Trasna berjalan sukses.

Lombok Tengah kedepannya, akan menjadi magnet baru di mata dunia khususnya industri pariwisata. Karena sebentar lagi akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

Disatu sisi, Bupati Lombok Tengah, H Moh Suhaili FT ucapkan terima kasih kepada Gubernur Zul. Menurut Uhel esensi dari gelaran Bau Nyale 2020, merupakan bentuk cinta kasih sayang seorang pemimpin, guna memupuk tali persaudaraan antar umat manusia.

“Tidak ada yang paling indah dalam perhelatan acara sebesar ini, selain untuk menumbuhkan Ukhwah islamiyah diantara kita,” ucapnya.

Sapaan Abah Uhel itu berjanji dan bersedia mengambil bagian dalam upaya mewujudkan NTB aman dan berkah. Tentunya dengan cara berusaha sekuat tenaga menciptakan keamanan dan kenyamanan serta menjaga sapta pesona khususnya di KEK Mandalika, yang juga merupakan lokasi perhelatan MotoGP 2021.

Tak hanya menampilkan berbagai atraksi hiburan, namun pada malam puncak itu juga digelar penobatan puteri mandalika 2020. Dimana dalam penobatan puteri tersebut, Safira Kusuma Wardani, asal kota mataram berhasil dinobatkan sebagai puteri mandalika 2020, sedangkan peringkat kedua masing masing diraih oleh Suci Ramadhaningsih, asal Lombok timur serta Puteri Ayudiana asal Kota mataram.

Beberapa tamu kehormatan seperti; Duta besar Venezuela untuk Indonesia, Staf ahli kepresidenan, anggota DPRD dan Kadis pariwisata kabupaten Kampar Provinsi Riau, serta Forkompimda lingkup pemerintahan provinsi NTB dan pemda kabupaten Lombok tengah. (TN-red)

Related Articles

Back to top button