Daerah

Disnakertrans Lombok Tengah Pastikan Keberangkatan Zuriyati ke Irak, Ilegal

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Tengah memastikan proses pemberangkatan Zuriyati, Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Dusun Bagek Tenten Desa Batunyala Kecamatan Praya Tengah, ke Irak Kota Bagdat dinyatakan ilegal.

Kepala Disnakertrans Lombok Tengah, H Masrun menegaskan, keberangkatan Zuriyati ke Negara Timur Tengah sudah jelas ilegal, terlebih menggunakan Paspor orang lain dari Jawa Barat.

“Dia (Zuriyati) tidak tercatat dalam data Disnakertrans sebagai TKW,” ungkapnya, Sabtu (15/02).

Masrun menegaskan, Negara Timur Tengah merupakan negara yang sudah lama di Moratorium oleh pemerintah pusat menyangkut tenaga Migran.

“Tidak ada alasan apapun karena yang namanya Moratorium ya larangan mengirim tenaga Migran. Artinya, kalau sudah begitu, jelas semua proses ilegal,” kata dia.

Dengan demikian, dirinya mengimbau kepada semua masyarakat Lombok Tengah yang ingin bekerja ke Luar Negeri supaya mencari informasi ke Dinas, untuk milihat mana saja Negera tujuan Migran yang diperbolehkan,” ujarnya.

Disatu sisi, salah seorang sopir travel yang mengantar keberangkatan Zuriyati hingga ke Bandara Lombok tahun 2018 lalu yakni inisial HH alias HB mengaku hanya disuruh oleh HJ untuk mengantar Zuriyati bersama Empat orang rekannya hingga Bandara saja.

“Sponsornya adalah HJ, tugas saya hanya jasa travel saja,” cetus dia.

Dia menuturkan, saat itu Zuriyati alias Carsinah bersama Empat rekannya akan diterbangkan dari BIL menuju Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung.

“Saya sudah komunikasi dengan HJ dan dia berjanji akan memulangkan Zuriyati untuk bertemu keluarganya,” kata dia.

Sementara itu, HJ selaku sponsor TKW Zuriyati, lebih memilih diam saat di konfirmasi media ini. Kalaupun wartawan sudah beberapa kali menghubunginya. (TN-03)

Tags

Related Articles

Back to top button