Daerah

BP3TKI Mataram Cek Database TKW Zuriyati, Ternyata?

Mataram, Talikanews.com – Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Mataram, mengkroscek database Zuriati salah seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Lombok Tengah, yang diduga diberangkatkan ke Negara Timur Tengah menggunakan Paspor orang lain.

Pengelola Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Mataram, Cahyaning Widhi menyampaikan, terkait permasalahan WNI atas nama Zuriati asal Loteng. Pihaknya sudah melakukan cek di database pengaduan BP3TKI Mataram.

Alhasil, belum ada kasus WNI yakni Zuriati masuk data laporan di BP3TKI Mataram. Kalaupun demikian, pihaknya lakukan koordinasi dengan Disnakertrans Lombok Tengah, mencari tahu dokumen persyaratannya, apakah sudah ada terima atau tidak.

Dia berharap, pihak keluarga membuat pengaduan resmi ke Disnakertrans atau BP3TKI, menyertakan dokumen pendukung berkaitan dengan Zuriati. Hal itu dimaksudkan agar segera dikoordinasikan penanganannya dengan Perwakilan RI di Baghdad.

Widhi mengaku, saat ini BP3TKI masih mencoba lengkapi dokumen pendukungnya sehingga belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Kalau terkait proses keberangkatannya.

“Yang jelas, proses keberangkatan Zuriati itu bisa dipastikan ilegal. Karena Irak merupakan salah satu dari 21 Negara yang sampai saat ini masih diberlakukan moratorium penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI),” ungkapnya Jumat (14/02).

Dia menduga, kemungkinan Zuriati diberangkatkan secara orang perseorangan dan perbuatan oknum calo bisa dikenakan sanksi tegas sesuai UU 21 tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan UU 18 tahun 2017 tentang Pelindungan PMI.

Bagaimana dengan Carsinah asal Jawa Barat yang Pospornya di gunakan oleh Zuriati untuk berangkat ke Irak. Apakah BP3TKI Mataram akan tulusuri? Widhi menegaskan, justru persoalan ini malah belum menerima laporannya. (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close