Politik

Sidak, Komisi III DPRD Loteng temukan Kejanggalan Proyek Pasar Jelojok

Lombok Tengah, Talikanews.com – Komisi III DPRD Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mengelar inspeksi mendadak (Inspeksi) terhadap beberapa proyek pembangunan seperti pasar Jelojok Kopang yang kontrak kerja berakhir tanggal 2 Februari 2020.

Sidak tersebut menindaklanjuti rapat kerja antara komisi III DPRD dengan Dinas PU Loteng pada Senin kemarin. Adapun yang turun Sidak, selaku ketua Andi Mardan, M Tauhid dan anggota komisi III.

Ketua Komisi III sekaligus ketua tim, Andi Mardan mengatakan, ada yang tidak sesuai penjelasan Kadis dengan fakta pembangunan proyek pasar Jelojok. Dimana, versi Kepala Dinas, pengerjaan pasar jelojok sudah mencapai 99 persen.

“Kalau kita berbicara persentase pengerjaan dilihat kasap mata, belum finishing. Jadi, menurut saya ini masih 90 persen,”ungkapnya Selasa (04/02).

Politisi Demokrat ini juga menyinggung soal sistem analisis dampak lingkungan (Amdal) rumah potong unggas yang belum selesai dikerjakan. Padahal sudah habis masa kontrak. Terhadap hal itu, Komisi III akan panggil pihak rekanan untuk dimintai penjelasan dan pertanggung jawaban.

“Amdal ini yang harus betul-betul diperhatikan karena dampaknya sangat besar terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, M. Tauhid, mempertegas mengenai masa kotrak pengerjaan pasar jelojok yang melewati ketentuan aturan yakni tanggal 2 Februari 2020. Faktanya, banyak pengerjaan fisik yang belum diselesaikan, untuk itu pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap pembangunan pasar tersebut.

Terkait hal itu, Kabid Cipta Karya pada Dinas PU Loteng, Sopo menjelaskan, dalam pembangunan pasar Jelojok ini, yang belum dikerjakan yaitu kios foodcourt, cendramata dan ATM center.

Mengenai sarana-sarana penunjang seperti air, listrik dan lain-lain. Akan difungsikan dalam jangka waktu dua hari kedepan.

“Yang belum tuntas kita segera tuntaskan dua hari kedepan. Kami akan komisioning test nanti,” pungkasnya (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button