Gabungan LSM dan Forum Pemuda Lombok Akan Aksi Tolak Perubahan Nama BIL

Lombok Tengah, Talikanews.com – Gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Forum Pemuda Lombok, akan menggelar aksi ke kantor Bupati dan DPRD Lombok Tengah menolak perubahan nama Bandara Internasional Lombok menjadi Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Sebanyak 500 massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Menolak Perubahan Nama Bandara (Geram NTB), akan gedor kantor Bupati dan DPRD Loteng pada Senin (03/02).

Disetujuinya perubahan nama Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid oleh DPRD Provinsi NTB beberapa hari yang lalu seolah-olah menjadi pemantik semangat sejumlah LSM dan Forum Pemuda Lombok Tengah untuk melakukan aksi hering penolakan perubahan nama BIL. Minggu (02/02)

Massa akan bergerak mulai dari Bencingah Adiguna menuju kantor Bupati dan dilanjutkan ke kantor DPRD.

“Iya benar sejumlah LSM dan Forum Pemuda Loteng akan aksi demo tolak perubahan nama bandara. Surat izin pemberitahuan ke Kepolisian sudah kita layangkan,” ungkap Kordum Lalu Hizzi, Minggu (02/02).

Hizzi mengatakan, langkah ini dilakukan karena ada sesuatu yang janggal dalam proses pengusulan penamaan bandara. Seharusnya pemerintah Provinsi jangan meminta rekomendasi DPRD Provinsi untuk rapat paripurna mendukung SK Menhub 1421 tentang perubahan nama bandara.

Padahal, menurutnya SK tersebut sudah kadaluarsa untuk di setujui kembali. Mestinya, pemerintah provinsi dan DPRD NTB melihat situasi dan kondisi di masyarakat terhadap yang kontra, tidak main mengesahkan saja.

“Apa alasan DPRD NTB menyetujui perubahan nama menjadi BIZAM. Sementara SK Mentri Perhubungan itu sudah lama tidak di eksekusi, jelas pada salah satu dektum diberikan kesempatan selama 6 bulan. Ini yang membuat kami tetap tolak perubahan nama bandara itu karena BIL harga mati,” katanya.

Adapun LSM dan Forum Pemuda yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Menolak Perubahan Nama Bandara (Geram NTB) di antarnya LSM Suaka, LSM Alarm, Formapi, Bajang Praya, Forum Pemuda Ketara dan lain lain. (TN-03)

Related Articles

Back to top button