Pemerintahan

Gubernur NTB Siapkan Sanksi bagi ASN Berpolitik

Mataram, Talikanews.com – Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr Zulkieflimansyah akhirnya ambil sikap tegas terhadap Aparatur Sipil Negera (ASN) yang berpolitik praktis.

Terlebih ASN yang sudah mendapat teguran keras dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) itu yakni Hj Putu Selly Andayani merupakan Kepala Dinas Perdagangan, H. Ahsanul Khalik Kepala BPBD NTB dan Dewi Noviany.

“Kalau melanggar ketentuan Undang-undang ya kita kasi sanksi aja,” ungkapnya Jumat (31/01).

Sapaan Dr Zul itu akan minta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk kroscek teguran dari Bawaslu terhadap ASN tersebut kemudian dicermati.”Kalau memungkinkan dikasih sanksi ya kita kasih sanksi,” kata dia.

Baca juga :  Pemda Loteng Titip Dana Rp 9,5 Miliar untuk Bantu Covid-19 Jenis Paket Sembako Melalui DPRD

Menurutnya, ASN yang bermanuver maju berkompetisi di Pilkada Kabupaten/Kota pada akhirnya nanti akan mundur.

Apakah sanksi tersebut dalam bentuk administrasi atau mutasi? Bagi politisi PKS ini tidak ingin memberikan sanksi mutasi karena akan mempengaruhi program di Dinas terkait.

Dirinya juga belum mengetahui detail kesalahan ASN yang mendapat teguran Bawaslu itu sehingga, akan meminta BKD mendalami dan kroscek kebenaran. Supaya, tidak salah mengambil langkah.

Sebelumnya, Komisioner Bawaslu Kota Mataram, Hasan Basri telah memanggil ASN yang ikut berpolitik karena diduga melanggar peraturan perundang-undangan seperti UU ASN, kemudian Peraturan Pemerintah (PP) Tentang Kode etik ASN dan Surat Edaran Kemenpan RB tentang netralitas ASN.

Baca juga :  Gede Aryadi: Keterbukaan Akan Lahirkan Semangat Membangun Daerah

Bahkan Bawaslu mendalami dugaan politik praktis ASN itu menggunakan perturan perundang-undanganan lainnya. Karena, ASN tersebut belum ditetapkan sebagai calon maka, Bawaslu akan menggunakan UU nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada.

“Nah karena belum tahapan kami pakai peraturan perundang-undangan lainnya,” pungkas Hasan Basri. (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close