DPRD Lombok Tengah akan Dukung Pembangun Kereta Gantung Gunung Rinjani, Jika?

Lombok Tengah, Talikanews.com – Rencana pembangunan kereta gantung di Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah, menuju Gunung Rinjani mendapat dukungan positif dari DPRD Loteng. Terlebih, keberadaan kereta gantung itu sebagai penunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, juga mendukung keberadaan Event MotoGP tahun 2021 mendatang.

Ketua DPRD Loteng, M.Tauhid mengaku, selaku Legislatif tetap mendukung rencana yang sangat luar biasa tersebut, selama pembangunan itu bertujuan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Akan tetapi, perlu di ingatngat dan paling penting saat ini bagai mana kesiapan pemerintah daerah menjaga ekosistem (dampak lingkungan) dan nilai-nilai budaya karena selama ini, gunung rinjani itu merupakan sesuatu yang keramat (mistis) dan sakral.

“Kami dukung rencana pemerintah pembangunan kereta gantung itu selama
bertujuan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya, Senin (27/01).

Bagi Tauhid, sebelum pembangunan dimulai, terlebih dahulu pemerintah harus melakukan kajian dan pertimbangan yang matang agar tidak mengganggu perekonomian masyarakat yang mengais rizki dari usaha wisata tersebut. Didalamnya nasib para Porter yang selama ini menggantungkan kehidupannya sebagai disana.

“Sebelum pembangunan dimulai, terlebih dahulu pemerintah daerah maupun provinsi harus melakukan sosialisasi terhadap dampak postif dan negatif keberadaan kereta gantung itu, jangan asal memulai,” pesannya.

Hal itu dikatakannya karena, suku sasak ini merupakan masyarakat yang masih memegang teguh nilai-nilai budaya leluhur dan mistis peninggalan pedahulu tersohor dari nenek moyang.

“Memang pemerintah juga harus mengkaji secara detail dampak dari pembanguanan kereta gantung itu menyangkut nilai-nilai leluhur kita,” tutupnya (TN-03)

Related Articles

Back to top button