Kadis DPMD Lombok Tengah Minta Kades Langko Aktifkan Lagi Delapan Kadus

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng, Jalaluddin menilai, adanya panitia seleksi terhadap Delapan Kepala Dusun (Kadus) oleh Kepala Desa Langko, Kecamatan Janapria, telah melanggar hukum.

Hal itu membuat dirinya menyarankan kepada Kepala Desa supaya gagalkan pansel dan aktifkan lagi Delapan Kadus tersebut untuk menjalankan tugasnya. Terlebih, menurut informasi bahwa, pada hari Senin tanggal 27/01 mendatang akan ada pergerakan ratusan masyarakat pro kadus untuk melakukan demo ke Kantor Camat Janaparia.

Jalaludin mengaku, terkait persoalan ini, sudah memangil Kepala Desa (Kades) dan Camat Janapria untuk memintai keterangan dan meminta supaya Kades bersangkutan kembalikan Delapan Kadus itu. Hanya saja, Kades ngotot pada pendirian seakan tidak mengindahkan arahan Dinas.

“Saat kami klarifikasi, Kades tetap ngotot pada pendirian,” ungkapnya Jumat (24/01)

Oleh sebab itu, dirinya kembalikan persoalan tersebut ke Camat Janapria untuk melakukan pembinaan dan pengawasan termasuk memberikan rekomendasi kepada Kades Langko agar tidak melanggar aturan dalam pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa.

“Biarkan Camat Janapria berikan pembinaan dan melakukan mediasi,” katanya.

Camat Janapria H. Mahlan yang dikonfirmasi terkait hasil pembinaan dan mediasi, belum memberikan keterangan. (TN-03)

Related Articles

Back to top button