Pemerintahan

Gede Aryadi: Keterbukaan Akan Lahirkan Semangat Membangun Daerah

Mataram, Talikanews.com – Keterbukaan informasi publik akan menambah kepercayaan masyarakat yang dapat mendorong partisipasi publik dan militansi mensukseskan NTB Gemilang. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi.

Gede Aryadi menyampaikan, sebagai leading sektor dalam penyebaran informasi publik, Dinas Kominfotik terus berupaya mendorong organisasi perangkat daerah untuk membenahi pengelolaan informasi dalam mendorong keterbukaan informasi publik.

Ini terbukti, di tingkat nasional, provinsi NTB meraih predikat tertinggi sebagai Badan Publik Informatif Tahun 2019. Namun kenyataannya, OPD dan badan publik di lingkup pemerintah provinsi sendiri belum maksimal mengelola informasi untuk publik tersebut.

“Kontras dengan prestasi kita ditingkat Nasional, ini pekerjaan rumah bagi kita bersama untuk terus mendorong pengelolaan informasi untuk dapat di akses publik. Apalagi, sesuai Visi NTB Gemilang, dengan misi NTB Bersih dan Melayani, transparansi dan keterbukaan informasi publik menjadi prioritas dalam rangka membangun kepercayaan publik, “ ungkap mantan Irbansus Inspektorat NTB dihadapan pejabat Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mataram, Senin (20/01).

Menurutnya, jika masyarakat sudah percaya terhadap pemerintah, maka kepedulian masyarakat untuk mensukseskan pembangunan dan program pemerintah akan terwujud. Apalagi Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah telah menegaskan agar badan publik yang mengelola informasi, membuka keran informasi seluas-luasnya untuk masyarakat.

Dia juga memberikan sejumlah tips menulis informasi yang baik. Karena apa yang akan disampaikan kepada publik itu adalah sebuah informasi dari suatu peristiwa yang dilaporkan atau disajikan kepada khalayak.

Akan tetapi, tidak semua peristiwa layak ditulis menjadi sebuah berita. Syaratnya, peristiwa itu penting untuk diketahui oleh sebagian besar khalayak dan menarik. Karena disajikan dengan kalimat atau bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Baca juga:  Menduga Dikbud NTB Korupsi Alat Kesenian Marching Band, PMII Mataram Bersurat ke KPK

“Sajikan kepada publik berita yang penting dan menarik agar publik mau membaca dan mampu mempengaruhi publik untuk melakukan sesuatu kearah kebaikan, tidak melakukan sesuatu yang kontra produktif,” cetusnya.

Kepala BPOM di Mataram Dra. Ni Gan Suarningsih, menegaskan bahwa kegiatan workshop dimaksudkan untuk meningkatkan SDM pengelola media sosial dan media lainnya BPOM di Mataram menyambut era digital 4.0, yang menuntut BPOM untuk mempu memberikan informasi yang menarik dan bermutu. (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button