Politik

PKS Beberkan Parpol Koalisi di Pilkada Lombok Tengah 2020

Mataram, Talikanews.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melakukan penjajakan dan komunikasi intens dengan beberapa Partai Politik untuk mendekati Koalisi menuju Pilkada Lombok Tengah tahun 2020.

Wakil ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS NTB, H Patompo Adnan menyebut ada Tiga Parpol yang mendekati kesepakatan berkoalisi yakni, Demokrat, Gerindra dan PPP.

“Kita belum dikata sepakat tapi, tapi ketiga Parpol itu, sedikit memiliki visi-misi dalam hal mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati, di Lombok Tengah tahun 2020 ini,” ungkapnya di Mataram, Jumat (17/01).

Patompo menjelaskan, kalau pun komunikasi sudah berjalan baik, bisa saja berubah karena politik itu dinamis dan elistis, tergantung kecocokan. Terlebih, beberapa Parpol yang sempat diajak komunikasi lebih condong menyebut kader eksternal.

“Politik itu tidak bisa di “paku”, apalagi info soal linier dengan PDIP. Apalagi Kursi PKS di DPRD Loteng sebanyak 6 Kursi, tinggal cari tambahan saja,” kata dia.

Dia mengaku, sebanyak 13 orang bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati sudah mendaftar lewat PKS. Dari 13 orang itu, Sepuluh orang sudah paparkan visi dan misi. Ditambah lagi bakal calon internal PKS sebanyak Empat orang, di antaranya HL Suriyade, H Supli, Yek Agil dan HM Humaidi.

Hanya saja lanjutnya, diantara Empat Bacalon internal dua orang dinyatakan siap yakni HL Suriyade dan H Supli. Namun, hasil kajian partai, HL Suriyade yang dinyatakan lebih siap.

“Kita tetap lakukan survei, baik elektabilitas, tingkat kedekatan terhadap masyarakat dan tingkat kesukaan publik. Ini tidak bisa lepas karena, PKS tidak ingin mengusung calon kalah,” cetusnya.

Kendati demikian, Patompo mengesankan bahwa, yang akan memberikan SK siapa layak diusung merupakan keputusan DPP. Dimana, tugas Tim Pemenangan Pemilu dan Pilkada Wilayah PKS hanya mengolah hasil seleksi administrasi dan visi-misi kemudian dikirim ke DPP untuk diputuskan. (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button