Sosial

Banjir Rob Terjang Dusun Teluk Kombal, Pemenang Barat

Lombok Utara, Talikanews.com – Sebanyak 35 unit rumah di Dusun Teluk Kombal desa Pemenang Barat terkena banjir rob sejak semalam, Minggu (12/1).

“Ada 35 unit rumah yang terdampak, tapi tidak terlalu signifikan,” terang kepala Dusun Teluk Kombal, Multazam pada talikanews.com dihubungi via sambungan telepon, Senin (13/1).

Multazam mengatakan banjir rob yang menggenangi rumah warga di pinggiran pantai tingginya mencapai 80 cm. Hal ini dikatakan memang fenomena tiap tahun tiap bulan purnama.

“Tiap purnama kan air pasang ya. Nah disini belum ada pintu air, jadi air yang surut ini tidak bisa keluar lagi. Tingginya sampai 80 cm. Terjadi sejak pukul 8 malam semalam sampai sekarang. Ini cukup parah daripada tahun kemarin, sampai jalan raya ini,” ujarnya.

Baca juga :  Djohan Sjamsu Siap Kalahkan Petahana di Pilkada Lombok Utara 2020

Multazam mengatakan, hanya ada 2 KK yang dievakuasi, lainnya tidak, karena masih dirasa aman. Cuaca dan kondisi masih memungkinkan untuk menetap.

“Air sudah menyusut karena kami sudah menjebol sebagian pembatas yang ada yang di pantai,” terangnya.

Sementara itu, bantuan dari BPBD dan Pemdes belum ada, sampai berita ini ditulis.

Untuk diketahui, banjir Rob atau banjir pesisir adalah banjir air laut atau naiknya permukaan air laut. Rob adalah banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang yang menggenangi daratan, merupakan permasalahan yang terjadi di daerah yang lebih rendah dari muka air laut. (TN-08)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close