Pemkab Loteng Bersama Jajaran Polda NTB Hijaukan Desa Prabu

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah terus menjaga kelestarian alam dengan melibatkan jajaran Polda NTB melakukan penghijauan di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, pada Kamis (02/01).

Wakil Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan mengingat Gunung Prabu merupakan eks tambang liar yang di gali oleh masyarakat.

“Mau tidak mau pemerintah daerah harus mengembalikan kembali fungsi lahan ini,” ungkapnya.

Dia mengaku, kegiatan ini merupakan program yang harus terus berdayakan demi anak cucu kedepan dan pohon yang sudah di tanam hari ini akan dijaga bersama-sama pemerintah daerah maupun pemerintah Desa setempat.

Kepala Kepolisian Daerah NTB (Kapolda) Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap lingkungan dalam mengembalikan kondisi lingkungan dengan melakukan kegiatan penghijauan di lahan bekas tambang yang rusak di wilayah Prabu.

“Prabu ini merupakan kawasan wisata namun lingkunganya sedikit rusak oleh adanya penambangan liar. Atas dasar itu kami memilih prabu ini sebagai tempat penghijauan,” ujar Kapolda

Nana Sudjana mengaku, peduli lingkungan itu bukan hanya di wilayah Loteng saja, melainkan disemua lahan kosong perlu ditanamkan pohon guna mencegah abrasi, kekeringan dan tanah longsor maupun banjir bandang.

“Mari bersama – sama kita cegah kerusakan lingkungan dengan menanam pohon,” kata Nanang

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Madani Mukarom memaparkan jumlah pohon yang akan di tanam 4.500 bersumber dari APBN dan Provinsi.

“Ia pohon yang kita tanam ini sebanyak 4.500 berbagai jenis mulai dari pohon durian, jeruk, kelengkeng, nangka, mahoni, jati dan lain lain,” tutup Madani (TN-03)

Related Articles

Back to top button