KPU NTB Akan Gunakan E-rekap pada Pilkada 2020

Mataram, Talikanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan gunakan sistem elektronik rekapitulasi (e-rekap) pada pemilihan kepala daerah di Tujuh kabupaten/kota tahun 2020.

Devisi Teknis dan Penyelenggaraan pada KPU NTB, Zuriyati menyampaikan, Pilkada tahun 2020 ini, KPU akan gunakan e-rekap. Dimana, data rekapitulasi hasil di TPS, bisa langsung disajikan lebih cepat dan valid.

“Nantinya, masyarakat tidak perlu lagi menunggu hasil rekapitulasi suara di tingkat kecamatan maupun kabupaten. Karena, langsung di update melalui e-rekap,” ungkapnya, saat refleksi tahun 2019 menuju resolusi 2020 mengenai peran pers dalam menopang demokrasi elektoral di Provinsi NTB, Kamis (02/01).

Dia menjelaskan, ketika e-rekap ini diberlakukan maka, ada beberapa proses akan dipangkas seperti persingkat waktu. Dimana, hasil dari TPS akan dijadikan acuan rekap ditingkat Kabupaten dan prosesnya tidak lagi sepanjang sebelumnya.

“Ada penghematan SDA, dan mengurangi jumlah kertas bentuk dukungan program Zero Waste dan pengawasan lebih efektif, demi selamatkan suara rakyat,” kata dia.

Zuriyati mengaku, regulasi tentang e-rekap masih dibahas mekanisme, namun sudah ada bayangan, tidak pada e-voting, tapi e-rekap, karena ada penyederhanaan formulir, setiap TPS disiapkan Handphone android, diberikan nomor khusus dan siapkan jaringan seluler.

“Blangko C1 plano tetap masuk di kotak, tetap ada rekapitulasi ditingkat kabupaten secara manual, namun angka yang ditetapkan ditingkat KPPS bisa dipantau pergerakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Yang jelas, akan ada uji coba e-rekap, apalagi di e-rekap melibatkan KPPS, karena datanya dari KPPS. (TN-red)

Related Articles

Back to top button