Dandim Loteng Ajak Warga Bantu Pemerintah Tanam Pohon dan Amankan Hutan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) dan Penanaman Pohon tahun 2019, Kodim 1620/Loteng bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, BKSDA dan BODAS NTB melaksanakan penanaman pohon di Areal Balai Taman Hutan Raya Nuraksa Dusun Persil Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah, pada Selasa (31/12).

Komandan Kodim 1620/Loteng Letnan Kolonel Czi Prastiwanto, SE. M.I.Pol., disela-sela penanaman pohon mengapresiasi atas sinergitas bersama Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten untuk menyelamatkan hutan dari kerusakan.

Menurutnya, penanaman bibit pohon dilakukan untuk melindungi dan melestarikan hutan ketika musim hujan, langkah ini sebagai pemulihan atau rehabilitasi lahan kritis sehingga kerusakan hutan tidak berkelanjutan.

“Selain penanaman bibit pohon, juga ada pemberian bantuan bibit tanaman gratis kepada masyarakat sekitar,” ungkap Dandim.

Dia menyampaikan, program tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan di kawasan hutan konservasi seluas 153 Hektar yang terdapat di dua wilayah kabupaten yakni Lobar dan Loteng dengan harapan bisa dimanfaatkan untuk membuka akses ke jalur pendakian Gunung Rinjani.

Kondisi saat ini, lanjut Pras sapaan akrabnya, berdasarkan sambutan kepala Balai Tahura Ibu Samsiah, terdapat lahan tidur sekitar ratusan hektar yang perlu dikembangkan dan manfaatkan, ribuan hektar lahan kritis harus segera dipulihkan dengan meningkatkan produktivitas melalui penanaman pohon dan membangun konservasi tanah dan air seperti Dam penahan, gully plug, embung dan pengembangan usaha tani konservasi.

“Mari kita dukung program reboisasi ini dengan membantu pemerintah menanam bibit pohon dan menjaganya dari kepunahan maupun para pelaku perambah hutan sehingga fungsi hutan akan kembali seperti sedia kala,” ujar dia.

Acara penanaman pohon juga dihadiri Kadis LHK NTB Ir. Madani Mukarrom, Kepala BKSDA NTB, Kepala BPDAS NTB, Kepala BTNGR, Ketua KTH Minta Konservasi, Kepala Balai Tahura Nuraksa NTB , Kepala KPH Rinjani Barat, para Pasi dan Muspika batukliang Utara, Danramil bersama anggota, Sekdes Karang Sidemen, dan siswa siswi SD dan SMP Desa Karang Sidemen. (TN-red)

Related Articles

Back to top button