Antusiasme KSM dan Aksioma Meningkat, Ini Kata Kanmenag Lombok Tengah

Lombok Tengah, Talikanews.com – Antusiasme Lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tahun 2019 di Kabupaten Lombok Tengah. Membuat Kepala Kantor Kementerian Agama Loteng ancungkan cap jempol.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kanmenang) Loteng, Drs. H. Jalalus Syayuti juga mengapresisi peningkatan jumlah peserta kompetesi didampingi para guru mereka. “Saya sangat bangga ke panitia, yang telah berjuang semaksimal mungkin, sehingga pelaksanaan lomba ini berjalan dengan meriah,” ungkapnya Selasa (17/12).

Dia menyampaikan, tanpa kesadaran dan kebersamaan yang telah terbangun di lingkup MIN 4 Loteng. Lomba ini tidak akan semeriah yang terlihat. Dengan demikian, bisa dikatakan Induk KKM sudah mampu menjalankan tufoksinya sebagai induk, sehingga semua anggota ikut berpartisipasi.

Kepada dewan Hakam atau juri lanjutnya, diharapkan lebih obyektif dalam memberikan penilaian, jangan pandang bulu, apakah peserta itu siswanya sendiri ataukah tidak. Jika peserta tersebut, telah memenuhi persyaratan kata lain mampu mengumpulkan nilai terbanyak, maka berikan haknya mendapatkan juara.

“Yang lolos sebagai juara ditingkat KKM, nantinya akan bertanding di Kabupaten hingga nasional yang akan dilaksanakan di Kendari Sulawesi Selatan,” kata dia.

Terakhir, Jalalussayuti berpesan kepada peserta untuk menjaga sportifitas dalam bertanding, jadikan pertandingan ini sebagai ajang silaturahmi dan mencari sahabat.

“Selamat bertanding Raih prestasi junjung silaturrahmi dan jaga sportifitas,” ujar Sayuti

Disatu sisi, Kepala MIN 4 Loteng Zulhadi M.PdI mengatakan dirinya sudah melakukan koordinasi dan musyawarah bersama anggota KKM. Alhasil, semua anggota KKM mengirim peserta lebih dari 10 orang dan koordiansi itu dilakukan sebelum kompetisi dimulai.

“Alhamdulilah peserta meningkat, ini bentuk komunikasi dan koordinasi yang sangat baik dengan KKM,” ujarnya.

Untuk di ketahui, jumlah peserta yang akan bertandingan sebanyak 287 orang dari 74 KKM, tersebar di Tiga Kecamatan. Masing masing, Kecamatan Praya Tengah, Praya Timur dan Kecamatan Janapria.

Adapun nama nama mata lomba yang dilombakan diantaranya, untuk Aksioma terdiri dari, Tilawah Putra-Putri, Tahfiz Putra-Putri, Lari maraton 100 meter, pidato tiga bahasa dan beberapa lomba lainnya. Sedangkan untuk lomba KSM seperti matematika meliputi Biologi, IPA dan sejumlah lomba lainnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button