Daerah

Keberadaan Pabrik Bata Ringan Batunyala Mulai di Keluhkan

Lombok Tengah, Talikanews.com -Keberadaan pabrik Bata Ringan milik PT. Lombok Mulia Jaya, yang ada di Desa Batunyala Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah, mulai dikeluhkan warga setempat.

Bagaimana tidak, masyarakat lingkar pabrik mulai terganggu dengan aktifitas pabrik yang beroperasi 24 jam sehingga masyarakat tidak bisa beristirahat tenang akibat suara bising dari pabrik.

“Kami warga setempat sudah melayangkan protes ke perusahan tersebut, merasa sangat tergangu dengan suara bising dari pabrik yang beroprasi 24 jam,” keluh Muhammad juga BPD Batunyala, Senin (9/12).

Bukan hanya suara bising, masyarakat juga keluhkan asap pabrik yang akan berdampak terhadap kesehatan anak-anak.

“Asapnya mengarah ke pemukiman warga, jelas terganggu. Anak-anak mulai susah bernafas lega akibat asap itu,” kata dia.

Kepala Dusun Pekat Daya, Joni meragukan keberadan izin amdal yang di miliki perusahana pabrik tersebut karena, sepengetahuannya pabrik itu hanya mengantongi izin bangunannya saja.

“Perlu kita pertanyakan keberadan izin amdal perusahan tersebut, apakah ada atau tidak karena ketika saya turun kemasyarakat yang berada di lingkar pabrik banyak yang tidak menandatangani persyaratan izin amdal itu,” ujar Joni

Terkait hal itu General Manajer (GM) PT. Lombok Mulia Jaya, Suhendar mengaku akan stop sementara operasional pabrik selama satu bulan termasuk istirahatkan pekerja karena hasil produksi tidak bisa keluar.

“Saat ini kami sedang mengajukan dana CSR tapi masih dalam proses. Perusahaan juga akan produksi sampai minggu ini saja setelah itu produksi akan di stop dulu,” ujarnya.(TN-03)

Tags

Related Articles

Back to top button