Komisi V DPR RI Tinjau Infrastruktur dan Transportasi KEK Mandalika Lombok

Lombok Tengah, Talikanews.com – Komisi V DPR RI tinjau infrastruktur dan transportasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Hj. Nurhayati, pada Rabu (4/12).

Dalam kunjungan itu dihadiri Kementerian BUMN, Angkasa Pura, BMKG, Basarnas, Kementerian Perhubungan serta Kementerian PUPR.

Hj. Nurhayati menyampaikan, maksud dan tujuan untuk melihat secara langsung pembangunan infrastruktur dan transportasi penunjang di kawasan Mandalika, juga ingin mengetahui permasalahan yang menonjol dari pembangunan infrastruktur tersebut.

“Kami harapkan selesai tepat waktu, karena ada perhelatan besar disini ya, MotoGP yang tahun 2021 di bulan September,” ungkapnya.

Perkembangan rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana di Lombok pun turut masuk menjadi agenda kunjungan. Nurhayati menilai progres pembangunan infrastruktur di NTB sudah sangat baik.

“Tentunya kita sama-sama mengharapkan agar pembangunan di bidang infrastruktur dan transportasi dapat mempercepat bergeraknya sektor ekonomi dan sektor lainnya, yang akan berdampak terhadap peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat,” harap Nurhayati.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI, Ir. Eddy Santana Putra, M.T menganggap proyek dan rencana infrastruktur di NTB sangat menarik. Penataan jalan dan kemudahan akses transportasi diharapkan dapat dipersiapkan dengan baik.

“Sangat menarik dan perlu kita dukung, malah saya dukungannya tidak hanya di Mandalika, satu pulau ini kita bangun,” tutur Eddy.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut hangat kunjungan tersebut. Bang Zul sapaan akrabnya, berharap kunjungan ini dapat berkesan dan memberikan manfaat positif bagi NTB. “Mudah-mudahan di NTB semua bisa selesai, sehingga tujuan tugas spesifik bisa kita penuhi,” ucapnya.

Bang Zul mengutarakan rasa syukurnya terhadap cepat dan lancarnya pemulihan pasca bencana yang sempat mengganggu pariwisata di NTB. Namun di saat bersamaan, Bang Zul turut menyayangkan melonjaknya harga tiket penerbangan menuju Lombok.

“Alhamdulillah, recovery-nya cepat. Tapi di tengah kecepatan recovery pariwisata itu, tiba-tiba harga tiket pesawat sangat mahal,” ungkapnya.

Menurut Dr Zul, penerbangan menjadi faktor yang sangat penting dalam pariwisata. Ia kemudian mencontohkan penerbangan Perth-Lombok yang diresmikan beberapa waktu lalu mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang datang secara signifikan.

“Pariwisata ini sangat tergantung pada penerbangan, jadi tidak ada gunanya kami mempunyai destinasi secara luar biasa, tapi orang susah kesana,” ujarnya.

Zul mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang memberikan perhatian serius terhadap Mandalika. Terakhir, Ia berharap segala persiapan dan fasilitas dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

“Kami atas nama pemerintah daerah, berterima kasih atas kunjungan teman-teman semua, mudah-mudahan sering-seringlah datang ke NTB ini,” pungkasnya.(TN-04)

Related Articles

Back to top button