Ekonomi

Pasar Seni Sengkerang Lombok, Akan Disulap Jadi Sentral Wisata Edukasi

Lombok Tengah, Talikanews.com -Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan sulap pasar seni Sengkerang, Kecamatan Praya Timur itu menjadi Sentral Edukasi.

Sentral edukasi yang dimaksud yakni, dijadikan pusat pasar kerajinan yang nantinnya mampu menampung semua hasil produksi kerajinan masyarakat yang ada di Lombok Tengah.

Kepala Disperindag Loteng, H. Saman menyampaikan tujuan pasar sentral Sengkerang di bangun supaya bisa membantu para pengerajin memasarkan hasil karya seni daerah Lombok, dan diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Setidaknya bisa tampung produk kerajinan masyarakat yang memiliki niali jual,” ungkapnya Senin (2/12).

Selain sebagai tempat memasarkan produk tradisional hasil kerajinan tangan masyarakat. Pasar seni Sengkerang akan dijadikan juga sebagai pasar Sentra Wisata Edukasi. Artinya, selain tempat untuk menjual hasil kerajinan, pasar Sengkerang juga akan dijadikan wadah wisata edukasi.

Dimana nantinya, akan dibuatkan paket pelatihan bagi wisatawan yang berkunjung agar bisa belajar langsung proses pembuatan misal ketak dan lain sebagainya.

“Sistemnya 1 paket wisata edukasi bagi wisatawan untuk dilatih, masyarakat mulai dari TK hingga perguruan tinggi akan diberikan pelatihan hingga memahami betul cara membuat produk kerajinan tersebut,” tutupnya sembari mengatakan, akan bangun kerjasama dengan Biro Jasa Travel Agent untuk terus bersinergi bila perlu bangun pusat kerajinan di sana. (TN-03)

Related Articles

Back to top button