Komunitas Peduli Sampah di PHP Pemerintah, Dewan NTB Akan Panggil Dinas LHKP

Mataram, Talikanews.com – Adanya keluhan dari komunitas peduli sampah, terlebih di berikan harapan palsu (PHP). Membuat Komisi II DPRD NTB, akan panggil Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan Provinsi NTB.

Sekertaris Komisi II DPRD NTB, H Lalu Hardian Irfani menyampaikan, ada beberapa komunitas peduli sampah yang datang curhat ke Komisi II terkait tidak di libatkan oleh pemerintah daerah dalam program zero waste.

Padahal, komunitas tersebut sudah jauh berbuat menangani sampah sebelum program zero waste digaungkan pasangan gubernur dan wakil gubernur NTB. “Kami komisi II hanya menampung aspirasi mereka untuk di pertanyakan ke Dinas terkait,” ungkapnya, Selasa (3/12)

Dia mengatakan, pemanggilan Dinas LHK itu dijadwalkan Senin pekan depan, karena pekan ini Komisi II sedang ada kegiatan.

Ketua DPW PKB NTB ini tidak menampik semangat dan ikhtiar pemerintahan Zul-Rohmi untuk menyelesaikan persoalan sampah. Akan tetapi, hanya sebatas ikhtiar saja karena, kalau melintasi sepanjang jalan Kediri Lombok Barat, banyak sekali tumpukan sampah tumpukan sampah dipinggir jalan.

Melihat kondisi ini lanjut dia, patut dipertanyakan, begitu hebatnya program zero waste terus digaungkan ditataran elit birokrasi. Tapi kenyataan di lapangan tidak demikian. Oleh sebab itu, sangat berkepentingan Komisi II DPRD NTB untuk memanggil Dinas terkait, mencari benang merah yang terjadi sesungguhnya.

Selain itu, Komisi II akan mempertanyakan arah penggunaan anggaran zero waste yabg begitu besar. Termasuk pelibatan para komunitas yang lebih awal berkiprah peduli sampah namun tidak dilibatkan.

“Nanti kita pertanyakan semuanya, mulai dari rencana program, apa saja pernah dilakukan dan arah penggunaan dana mencapai Rp 4,5 miliar di tahun 2019 dan tahun 2018 sebesar Rp 2,5 Miliar,” tutupnya.

Kepala Dinas LHK Provinsi NTB, Madani Mukaram dikonfirmasi, belum memberikan keterangan terkait keluhan komunitas sampah. (TN-red)

Related Articles

Back to top button