Nasional

Srikandi NTB Ceritakan Kisah Putri Kerajaan Selaparang Lombok dalam Lirik Lagu Gamelannya

Jakarta, Talikanews.com – Srikandi asal Nusa Tenggara Barat terdiri dari Wakil Gubernur, Hj Sitti Rohmi Djalilah, Istri Gubernur Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah bersama sejumlah kepala OPD perempuan, mementaskan Gamelan Sasak lirik gending (lagu,red) “Kadal Nongak” pada acara opening ceremony pameran dagang di Kementerian Perindustrian RI bertajuk pertunjukan Gemilang NTB “Nuansa Tanpa Batas” di Jakarta hari ini (2/12) yang dibuka Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Lirik lagu yang di mainkan Wagub dan Istri Gubernur itu memiliki filosofi yang sangat luar biasa.

Kadal Nongak

Kadal nongak leq kesambik

Benang kataq setaqilan

Adu dende

Mun cempake sik kembang sandat

Sak sengake jari sahabat

Tajah onyah ndek ne matiq

Nane rasaq kejarian

Adu dende

Mun cempake sik kembang sandat

Sak sengake jari sahabat

Lirik tersebut merupakan cuplikan lagu “Kadal Nongak” yang berasal dari pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sekilas bagi masyarakat awam, mungkin tidak paham dan merasa aneh terhadap lirik lagunya. Namun, jangan salah, Lagu di atas memiliki filosofi yang sangat dalam.

Lagu ini berkaitan dengan cerita rakyat di daerah tersebut, yang menceritakan tentang seorang Putri dari Kerajaan Selaparang di Pulau Lombok yang angkuh dan bersikap tinggi hati terhadap tahta yang ia miliki. Lalu, diceritakan lah kakak dari sang putri yang memberikan nasihat kepada putri tersebut. Namun, sang putri acuh terhadap nasihat kakaknya, dan mendapatkan kualat atau malapetaka. Setelah itu, sang Ibu pun berusaha menghibur putri tersebut dengan syair lagu Kadal Nongak.

Adapun terjemahkan lirik lagu itu dalam bahasa Indonesia, berbunyi

Kadal nengok

Di pohon besar

Benang mentah sekepal

Aduh sayang

Bila cempaka berubah menjadi bunga sandat

Yang paling tua menjadi sahabat

Sudah diajari hati-hati, namun tidak dituruti

Sekarang dirasakan akibatnya

Aduh sayang

Bila cempaka berubah menjadi bunga sandat

Yang paling tua menjadi sahabat

Wakil Gubernur, Hj Sitti Rohmi Djalilah membenarkan telah memainkan Gamelan Lombok di ajang pameran UMKM. Dia menjelaskan tujuan pameran dagang itu untuk memperkenalkan dan memasarkan lebih luas produk unggulan para UKM binaan pemerintah daerah NTB.

Dari pameran ini, Umi Rohmi berharap akan terbuka jaringan pemasaran dan peluang kerja sama dari pihak lain. “Untuk melakukan kerja sama dengan UKM binaan berkelanjutan setelah pameran, serta mengetahui sejauh mana produk kita dilirik khususnya diluar daerah,” kata dia.

Pameran itu juga kerjasama Pemerintah Provinsi NTB dengan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), BI dan Bank NTB Syariah serta UMKM Mitra Binaan lainnya bertajuk pertunjukan Gemilang NTB “Nuansa Tanpa Batas”.

Dimana, sejumlah produk unggulan UMKM NTB, ditampilkan pada pameran di 12 stand yang disediakan Pemerintah daerah tersebut. Diantaranya Mutiara Lombok, Perhiasan dari Kulit Kerang, Batik Sasambo, Tenun Bima, Tenun Sumbawa, Tenun Lombok, dan berbagai macam olahan makanan. Seperti Ayam Taliwang, Pelalah Ayam Pagutan, Jamu,madu Sumbawa Kopi Rumput Laut, serta produk Tortila yang berasal dari desa wisata Bilebante, Lombok Tengah.(TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button