Pariwisata

Jabar Terpilih Sebagai Destinasi Wisata Halal Terfavorit, Dispar NTB Bingung

Mataram, Talikanews.com – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Lalu Muhammad Fauzal pertanyakan indikator penetapan Provinsi Jawa Barat sebagai Destinasi Wisata Halal Terfavorit.

Terlebih, Jabar mampu menyingkirkan 10 provinsi besar yang masuk nominasi dari 33 provinsi yang diikutsertakan pada ajang Anugerah Syariah Republika 2019.

“Ya kita lihat indikatornya, saya belum bisa sampaikan, timnya juga siapa, kita belum pernah bertemu juga. Ini juga baru saya tau, nanti kita cek lagi,” ungkapnya Minggu (24/11).

Fauzal menjelaskan, tahun lalu, Nusa Tenggara Barat pada posisi urutan pertama. Namun saat ini, ada indikator yang memang kondisinya pasca bencana gempa bumi sehingga harus ditata ulang seiring recovery destinasi.

Untuk diketahui, sebelum Ketua Dewan Juri ASR 2019 Nurhasan Murtiaji, mengatakan provinsi yang kini dipimpin oleh Gubernur Ridwan Kamil atau lebih di kenal dengan Kang Emil itu memenangkan kategori sebagai Destinasi Wisata Halal Terfavorit ini melalui dua metode penilaian.

Adapun metode pertama yakni melalui voting terkait destinasi wisata halal terfavorit yang diadakan Republika pada pertengahan Oktober hingga pertengahan November 2019.
Kemudian metode kedua melalui penilaian kualitatif menggunakan sejumlah indikator pendukung meliputi atraksi, tujuan wisata, kemudahan ibadah, sertifikasi halal, kemudahaan transportasi, infrastruktur, keamanan, serta urban effect.

“Hasil voting dan penilaian kualitatif kemudian digabungkan menjadi nilai total sehingga Jawa Barat menyisihkan daerah–daerah lain yang selama ini menjadi ikon wisata halal di Indonesia,” kata Nurhasan di JW Marriott, Jakarta, Selasa malam lalu, (19/11) dinukil dari republika.

KJRI Kenalkan Budaya Indonesia ke Generasi Muda Saudi pada Gelaran Wonderful Indonesia Week 2019.

Sementara itu, Ketua Panitia ASR 2019 Elba Damhuri mengatakan dari sisi voting Jawa Barat berada di posisi teratas dengan mendapat 28 persen suara, disusul Aceh dan Sumbar, lalu DKI Jakarta berada di posisi keempat, serta diikuti oleh NTB di posisi ke lima.

“Dalam hal ini Jawa Barat mampu memadukan dengan sangat baik wisata yang mampu menarik minat turis datang dan wisata halal,” kata Elba.

Kemudian, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang hadir dalam acara tersebut mengaku kinerjanya yang terus mengembangkan dan memajukan berbagai ekonomi syariah di segala sektor membuahkan hasil.

“Terimakasih pada Harian Republika sebab kami memang sedang mengembangkan dan memajukan berbagai ekonomi syariah di segala sektor,” kata Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar itu.

Untuk diketahui, juri pemilihan tujuan wisata halal terfavorit ini terdiri dari Nurhasan Murtiaji, Pemred Republika Irfan Junaedi, Kepala Republika Online Elba Damhuri, Redaktur Ekonomi Syariah Republika Fuji Pratiwi, Asisten Redaktur Ekonomi Republika Online Budi Raharjo, dan Redaktur Halal Republika Irwan Kelana.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Bangka Belitung Ezraldi Rosman, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, Dirjen Pajak Suryo Utomo, Presiden Direktur Adira Insurance Syariah Julian Noor, dan Direktur Utama Baznas Arifin Purwakanata.

Kemudian, Ketua Umum Baznas Bambang Sudibyo, Direktur SDM dan Umum BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz, Direktur Eksekutif KNKS Ventje Rahardjo, Direktur Utama Takaful Arfandi Arief, dan Direktur Eksekutif Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) Suhaedi, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. (TN-Red)

Related Articles

Back to top button