Daerah

Gubernur NTB Minta PT Angkasa Pura Ganti Plang BIL jadi BIZAM

Mataram, Talikanews.com – Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah minta PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Lombok (BIL) untuk segera memasang plang nama Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid.

Permintaan itu muncul setelah adanya surat dari Gubernur ke Ketua DPRD NTB, nomor 550/375/Dishub/2019 tentang pelaksanaan keputusan Menteri Perhubungan RI nomor 1421 tahun 2018. Surat Gubernur itu di tanda tangani Dr Zulkieflimansyah tanggal 15 November 2019, tembusan Dirut PT AP I di Jakarta, Bupati Lombok Tengah, Ketua DPRD Loteng, dan General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid di Praya.

Dalam surat tersebut Gubernur menyampaikan, berdasarkan keputusan Menhub RI nomor 1421 tahun 2018, tentang perubahan nama Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid (Bizam), di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Maka untuk pelaksanaan dan tindak lanjut keputusan tersebut, dimohon kepada DPRD NTB untuk mendukung pergantian nama bandara tersebut dan memberikan rekomendasi kepada Menhub untuk memerintahkan
1. Memerintahkan pihak Maskapai agar melakukan announcement dengan menyebut nama Bandara Zainuddin Abdul Madjid sesuai keputusan Menhub.
2. Memerintahkan pihak Angkasa Pura untuk memasang nama Bandar Udara Zainuddin Abdul Madjid di lingkungan bandara.

Terkait surat tersebut, Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda di konfirmasi enggan memberikan keterangan. Begitu juga dengan Wakil Ketua DPRD NTB, H Mori Hanafi.

Hanya saja, salah seorang anggota DPRD NTB, dari Fraksi PAN yakni H Najamudin Mustofa mendukung pergantian nama itu. Karena, beliau (Zainuddin Abdul Madjid) merupakan pahlawan nasional dan hampir semua bandar udara di Indonesia menggunakan nama pahlawan nasional setempat.

” Pikiran kami insyaAllah sama dengan saudara dari Dapil Loteng,” cetusnya.

Sementara itu, General Manager PT AP BIL, Nugroho Jati dikonfirmasi juga belum memberikan keterangan resmi. (TN-04)

Tags

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!