Politik

KTS Anggota DPRD Loteng Akan Kawal Hasil Reses Perdana, Ini Rinciannya

Lombok Tengah, Talikanews.com – Salah seorang Anggota DPRD Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2019-2024, yakni H Muhammad Sidik Maulana, mengaku akan terus kawal hasil serapan aspirasi di masyarakat hingga direalisasikan pembangunan fisik.

Sapaan Kak Tuan Sidik (KTS) itu mengatakan, reses yang dilakukan pihaknya dimulai sejak Sabtu malam tanggal 19 Oktober 2019 lalu dengan Enam titik.

Anggota DRPD Dapil 4 Batukliang-Batukliang Utara itu memaparkan terkait kegiatan menggali aspirasi di masyarakat bahwa, melalui program reses ini sudah banyak masukan dan keinginan diserapnya menyangkut pebangunan insfratruktur, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan bahkan sampai pengawalan realisasi rehab rekon Rumah Tahan Gempa (RTG) bagi korban gempa.

“Reses dititik pertama hingga akhir banyak aspirasi masyarkat yang saya serap. Tetapi di reses terakhir ini yang paling menyetuh adalah aspirasi masyarakat korban gempa yang ingin direalisasi adalah pembangunan rumah tahan gempa (RTG) di kawal tuntas,” ungkapnya Minggu (27/10).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menambahkan serapan aspirasi masyarakat pada reses yang ke-4 hingga ke- 6 di tiga dusun yaitu Dusun Tampak Siring, Tojong-Ojong Barat dan Tojong-Ojong Timur.

Disana, usulan masyarakat untuk pembangunan insfratruktur seperti pengaspalan jalan Desa sepanjang 1.000 Meter, kemudian Jembatan 1 unit, perbaikan saluran irigasi 500 meter, rabat jalan/gang Dusun sepanjang 500 motor, normalisasi sungai/kali, pembangunan rumah ibadah, pembangunan sarana air bersih (PAMDus) 3 unit, pembangunan TPA/TPQ (Tahfizh al-Qur’an) dan pembangunan jalan usaha tani 1 paket di Tojong-Ojong Timur.

Khusus bidang pemberdayaan masyarakat seperti, pelatihan pengelolaan Desa Wisata (wisata alam dan religi) 1 paket di Desa Selebung, pelatihan pengelolaan dan pengembangan Bank Sampah, pelatihan peningkatan kapasitas kelompok kepemudaan dan pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas pemuda.

Baca juga:  KPU Ingatkan Materi APK Parpol Harus Sesuai Aturan

Untuk di bidang pembinaan kemasyarakatan yaitu, bantuan untuk kelompok ternak, pemerataan distribusi pupuk bagi petani, pengadaan terop dan kursi, harapkan bantuan untuk kelompok tani, pengawalan realisasi rehab rekon RTG bagi korban gempa dan pemekaran Desa Selebung menjadi 3 Desa.

“Keinginan masyarakat dari reses pertama hingga terakhir tidak jauh berbeda. Memang, ada apirasi masyarakat yang perlu di garis bawahi pada reses yang ke-4 samapai ke- 6 itu terkait pemekaran desa dan pengawalan realisasi rumah tahan gempa (RTG),” kata dia.

Sidik menegaskan, apa yang menjadi keinginan masyarakat tersebut akan disampaikannya ke pemerintah daerah untuk kemudian digodok pada anggaran tahun berikutnya.

“Tugas kita serap aspirasi, nantinya kita usulkan dalam rapat Komisi untuk diteruskan ke pemerintah daerah melalui leding sektor masing-masing,” tutup sapaan KTS. (TN-03*)

Related Articles

Back to top button