Jumpa Tokoh NTB, Aktivis Perempuan Ingin Baiq Eva Jabat Sekda

Mataram, Talikanews.com – Puluhan tokoh Nusa Tenggara Barat (NTB) berkumpul rembuk pembangunan daerah lebih maju kedepan. Dalam rembuk tersebut, muncul salah seorang Tokoh perempuan asal Mataram yakni Yuliana supaya jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB dari kaum perempuan dalam hal ini Hj Baiq Eva Nurcahya Ningsih.

Dihadapan HL Mudjitahid, HL Moh Syamsir, Mesir Suriayadi, H Muh Abdul Malik dan tokoh lainnya. Yuliana menegaskan, selama ini perempuan kerap dijadikan pelengkap saja. Padahal, kemampuan perempuan dalam memimpin belum tentu kalah oleh kaum laki-laki.

“Jangan remehkan kemampuan kaum perempuan, buktinya Baiq Eva itu sudah menduduki berbagai jabatan, malah salah satu perempuan yang pernah duduki jabatan Camat pertama di NTB,” ungkapnya Sabtu (12/10) di Mataram.

Dirinya selaku perwakilan perempuan yang hadir dalam NTB Forum mendorong para tokoh ini ketika memberikan rekomendasi kepada Gubernur NTB nanti agar masukkan nama Baiq Eva.

“Saya ingin kedepankan kaum Jender jadi pejabat,” katanya.

Yuliana melihat ada yang aneh dalam Birokrasi Lingkup Pemprov NTB. Dimana, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepala BP3AKB Provinsi NTB dijabat Laki-laki.

“Jangan anggap perempuan jadi pelengkap kalaupun dalam aturan keterwakilan perempuan 30 persen dalam politik. Tapi, kalau dilihat angka 30 persen itu, sangat kurang kaum perempuan di NTB ini jabat keterwakilan perempuan,” kata dia.

Intinya, jender itu juga lebih baik dari kaki-laki, sehingga minta kepada penentu kebijakan untuk mentempatkan orang yang ahli pada bidangnya jabat Sekda itu, jangan anggap perempuan itu sebagai pelengkap.

“Kinerja Baiq Eva dalam menjalankan tugas keharian sangat bagus. Ini hanya sebagai pertimbangan aja dan lakukan penilaian secara objektif dan profesional,” tutupnya.(TN-04)

Related Articles

Back to top button