Politik

50 Anggota DPRD Loteng Periode 2019-2024 Jalani Orientasi di Hotel Aruna

Lombok Tengah, Talikanews.com -Anggota DPRD Lombok Tengah periode 2019-2024 mengikuti kegiatan oruentasi di Hotel Aruna, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (22/9). Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri S.IP dan dihadiri Sekretaris DPRD Lombok Tengah, Raden Mulyatno Junaidi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMD) Provinsi NTB, Tri Budi Apriyanto.

Kesempatan tersebut Wabup Loteng H. Lalu Pathul Bahri mengatakan proses orientasi ini merupakan pengenalan tugas-tugas dan kewenangan anggota DPRD sebagai penyelenggara pemerintah daerah yang mana telah tertuang dalam Permendagri nomor 133 tahun 2017, yang kemudian direvisi melalui Permendagri nomor 14 tahun 2018.

“Jadi Kegiatan orientasi bagi 50 anggota DPRD Loteng ini merupakan amanah undang-undang juga,” terang Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri ketika membuka acara tersebut.

Lanjut Pathul hal yang mendasar yang perlu dipahami adalah kedudukan DPRD yang sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah. Bahwa yang dimaksud dengan Pemerintah Daerah adalah Kepala Daerah dan anggota DPRD. Artinya, kedudukan DPRD dan Kepala Daerah beserta jajarannya adalah sejajar, bersama-bersama, sebagai mitra.

“Hubungan legislatif dan eksekutif merupakan mitra jadi harus selalu bersinergi. Hal ini sangat penting sebagai upaya menjaga harmonisasi, sehingga suara masyarakat yang diwakilinya bisa sampai,” ujarnya.

Lebih jauh dalam menjalankan fungsi dan tugas masing-masing harus selalu saling menghargai. Ketika asa keritik dan perbedaan pendapat itu hal yang biasa. Namun kritik harus disampaikan dengan baik, sesuai dengan norma.

“Sangat penting bagi kita untuk membaca dan memahami setiap peraturan perundang-undangan. Misalnya dalam hal pembahasan anggaran,” imbuhnya.

Politisi partai Grindra itu juga berharap kepada anggota DPRD untuk memahami visi dan misi serta RPJMD dan kebijakan Kepala Daerah. Hal ini bertujuan agar anggota DPRD bisa ikut mengawal kebijakan, serta visi dan misi Daerah yang dituju, sehingga bisa mecapai kesepakatan bersama.

“Terbukti hasil kerja keras eksekutif dan legeslatif selama 7 tahun berturut-turut ini selalu mendapatkan opini Wajar Tampa Pengecualian (WTP) yang di pemeriksaan oleh BPK RI,” pungkasnya.

Sementara itu Sektertaris DPRD Lombok Tengah, R Mulyantno Junaidi menyampaikan, orientasi Anggota DPRD ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang peraturan daerah, serta peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 14 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota. Daftar Penggunaan Anggaran Sekretariat DPRD Lombok Tengah Tahun 2019.

“Orientasi ini akan dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 22 – 26 September 2019 di Hotel Aruna dengan tujuan pengenalan tugas dan fungsi sebagai legislatif,” tegasnya

Begituu juga yang disampaikan Ketua sementara DPRD Loteng M. Tauhid orientasi ini memiliki makna yang sangat strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta penampilan anggota Dewan dalam melaksanakan tupoksinya, Fungsi Legislasi, Fungsi Anggaran, dan Fungsi Pengawasan.

“Untuk itu mari kita ikuti orientasi dengan serius sehingga bisa menjalankan tupoksi dengan sebaik baiknya. Orientasi ini penting sebagai tambahan ilmu sebagai legislatif,” tutup M. Tauhid.(TN-03*)

Related Articles

Back to top button
Close