Gubernur NTB Kirim Utusan Pantau Perkembangan Evakuasi Warganya di Papua

Mataram, Talikanews.com – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah terus memantau dan memerintahkan Dinas Sosial agar segera evakuasi warga NTB korban kerusuhan di Papua supaya mendapatkan pelayanan dari Wamena ke Jayapura.

“Info terakhir pengungsi yang ada di Kantor Dukcapil sebanyak 37 orang sudah semuanya berhasil dievakuasi ke Jayapura. Tapi masih ada 13 yang mengungsi di Kodim dan 5 orang di Yalimo,” ungkap Kepala Dinas Sosial NTB, Dra. T. Wismaningsih Dradjadiah, Minggu (29/9).

Dia mengatakan, Gubernur sudah setuju proses evakuasi warga NTB dari Wamena dengan pesawat komersial. Tapi pesawat tersebut ada jadwal dalam dua hari terakhir. Baru terjadwal lagi tanggal 3 – 4 Oktober.

Ia menjelaskan, hari ini Kabid dan Koordinator Tagana Provinsi NTB juga telah berangkat ke Papua. Pemprov NTB melalui Dinas Sosial juga telah mengirimkan bantuan dana untuk logistik dan obat-obatan untuk warga NTB di Wamena dan Jayapura. Sementara itu, dukungan logistik dari Kemensos RI telah berangkat hari ini.

Dia mengaku, koordinasi terus di intensifkan bersama jajaran. Termasuk pengiriman bantuan dan obat-obatan dari Dinas Kesehatan NTB. Begitu halnya koordinasi dengan Letkol pnb Arief Sujatmiko Komandan Detasemen Wamena oleh Dishub NTB.

Ia berharap, upaya evakuasi warga NTB di Papua ini berjalan dengan mulus tanpa adanya korban.

“Yang jelas, saat ini Gubernur telah memerintahkan jajarannya untuk terus memantau kondisinya. Setiap perkembangan akan dilaporkan dan disikapi segera. Kita tunggu dan mari sama-sama kita doakan kondisi warga kita di sana,” tuturnya.

Mewakili Pemprov NTB, Gubernur juga berterimakasih serta mengapresiasi warga Bima Dompu dan pihak terkait, khususnya Kemensos RI, TNI dan Polri yang telah sangat membantu warga NTB di sana. (TN-04)

Related Articles

Back to top button