Komsos Kreatif Berakhir, Kasdim Loteng Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Sasak

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pagelaran Presean atau tradisi bertarung masyarakat Lombok yang diselenggarakan dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif Kodim 1620/Loteng ditutup sore tadi oleh Kepala Staf Kodim 1620/Loteng

Mayor Infanteri Dian Aksmiyandita, di Water Park Kopang Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok tengah, Kamis, (12/9).

Kepala Staf Kodim 1620/Loteng Mayor Infanteri Dian Aksmiyandita di damping Danramil 03/Kopang Kapten Infanteri Ali Murtono pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan Presean ini memang sangat memacu Adrenalin dan unik tetapi para pemainnya sangat professional dalam menggunakan senjata rotan yang bisa melukai tubuh petarung hingga mengeluarkan darah namun pertarungan peresean di Lombok ini sangat luar biasa.

“Melalui kegiatan ini saya ucapkan terima kasih banyak atas kesempatan yang telah di berikan kepada saya dimana kegiatan ini dalam rangka Komsos kreatif sekaligus meningkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dan memperkokoh kedaulatan NKRI,” jelas Kasdim.

Lanjut Dian sapaan orang nomor dua di jajaran Kodim 1620/Loteng ini
sangat memuji pagelaran presean tersebut dimana menurutnya baru pertama kali melihat kelihaian para pepadu yang memainkan rotan.

“Terus terang saya juga kaget dengan tradisi unik ini tapi cukup menegangkan, seumur hidup saya baru pertama kali melihat kegiatan peresean dan pepadunya sangat luar biasa bersemangat dalam bertanding, imbuhnya.

Selain itu, ia mengajak semua elemen masyarakat Lombok untuk terus menjaga dan melestarikan budaya presean agar tidak tergerus oleh budaya asing yang masuk di wilayah Lombok.

“Mari kita sama-sama menjaga dan melestarikan budaya ini, sebab ke depan daerah kita ini akan banyak datang wisatawan asing yang tentunya mereka ingin melihat potensi keindahan alam dan budaya kita,” pungkasnya.(TN-00)

Related Articles

Back to top button